Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Punya Solusi Menyamarkan Nomor HP

Kompas.com - 03/02/2023, 16:30 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

KOMPAS.com - Isu kebocoran data pribadi masih menjadi isu penting bagi penyedia layanan jasa, seperti ekspedisi/kurir, layanan kesehatan, dan transportasi seperti ride-hailing.

Data pribadi seperti nomor telepon (HP) pelanggan, bisa dengan mudah bisa disalin dan bisa disalahgunakan. Untuk itu dibutuhkan solusi agar penyalahgunaan nomor telepon pelanggan layanan jasa ini bisa ditekan.

Solusi tersebut salah satunya adalah kemampuan untuk menyamarkan nomor HP atau dikenal dengan number masking, seperti solusi yang dimiliki oleh Telkomsel Customer Engagement (nGage), salah satu solusi yang ditawarkan Telkomsel Enterprise.

Baca juga: 5 Aplikasi untuk Melacak Nomor Telepon yang Tidak Dikenal

Aplikasi nGage bisa menyamarkan nomor telepon pribadi dan menjadi jawaban dari persoalan privasi digital masyarakat seiring masifnya penggunaan layanan digital.

Sebagai contoh, jika seseorang memasukkan nomor HP untuk melakukan pendaftaran suatu layanan aplikasi, dan nomor tersebut akan dihubungi, maka nomor yang muncul di layar sudah diacak, sehingga nomor HP asli tetap aman.

Pihak penelepon memang bisa melihat deretan nomor di ponselnya saat menelepon, namun nomor itu bukan nomor HP asli konsumen, melainkan sudah diacak oleh sistem.

Gojek adalah salah satu perusahaan yang menggunakan solusi nGage dari Telkomsel Enterprise ini, untuk menyamarkan nomor telepon konsumen saat dihubungi oleh mitra driver/merchant.

"Solusi itu datang dari masalah, karena kita tahu permasalahannya apa jadi kita bica menciptakan solusi relevan yang sudah diciptakan di lapangan berdasarkan observasi terkait 'masalah apa yang dimiliki mitra kita'," ujar Direktur Network Telkomsel, Nugroho di acara Solution Day di Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Baca juga: Cara Cek Umur Kartu Telkomsel, Aktif Sejak Kapan?

Dalam mengembangkan nGage, Telkomsel berkolaborasi dengan Bridge Alliance yang berpengalaman di bidang pengembangan machine-to-machine (M2M), enterprise mobility, dan Internet of Things (IoT).

Selain kemampuan Number Masking seperti di atas, nGage juga memiliki solusi lain seperti Robocall API untuk kebutuhan customer service, dan Video API yang fungsinya juga untuk keamanan saat melakukan autentikasi data pribadi melalui panggilan video.

Pada penerapannya, Telkomsel nGage memberikan kemudahan lebih bagi pengguna untuk menambahkan fungsi komunikasi real-time, mulai dari telepon, SMS, aplikasi pesan instan, jejaring sosial, hingga konten video, ke dalam aplikasi mereka melalui pemrograman aplikasi antarmuka atau Application Programming Interface (API) yang memungkinkan produk atau layanan lain dapat saling terhubung.

Melalui kolaborasi ini, ditambah dengan optimalisasi keunggulan sumber daya aset digital Telkomsel, Telkomsel nGage hadir sebagai solusi CPaaS yang diklaim mampu menjawab kebutuhan korporasi di berbagai industri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com