Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Pulsa XL Terbaru Pakai Nomor *808#, Bukan Lagi *123#

Kompas.com - 05/02/2023, 14:02 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cara cek pulsa XL Axiata kini berubah. Kode UMB (USSD) untuk cek pulsa maupun kuota internet XL Axiata kini tak lagi menggunakan nomor *123#. Per 1 Februari 2023, cara cek pulsa XL terbaru adalah dengan mengakses kode UMB ke nomo *808#.

Chief Marketing Officer XL Axiata, Alfons Eric Bosch Sansa mengungkapkan bahwa perubahan kode UMB ini dilakukan guna mematuhi Peraturan Menteri (PM Kominfo) Nomor 5 Tahun 2021 yang mengatur bahwa akses USSD untuk layanan pelanggan menggunakan kode *8XY#.

“XL Axiata senantiasa mematuhi regulasi yang berlaku, termasuk terkait penggunaan USSD. Migrasi ini hanya sebatas berganti kode UMB saja, tidak ada perubahan lain dalam menu-menu di dalamnya,” ujar Alfons dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Sabtu (4/2/2023).

Baca juga: Kominfo Umumkan Penawaran Harga Lelang Frekuensi 2,1 GHz dari Telkomsel dan XL Axiata

Bagi yang belum familiar, USSD atau Unstructured Supplementary Service Data, merupakan protokol khusus yang digunakan untuk komunikasi singkat dari ponsel pengguna ke penyedia layanan operator seluler.

Layanan USSD umumnya digunakan pengguna untuk melakukan permintaan (request atau pull) informasi tertentu pada pihak operator dengan format yang telah ditentukan, salah satunya melakukan pengecekan pulsa.

Alfons juga menyebut bahwa proses sosialisasi ke seluruh pengguna masih terus dilakukan selama masa transisi dari 1 Februari hingga 1 April 2023.

“Upaya sosialisasi kami laksanakan secara menyeluruh ke semua pemangku kepentingan yang terkait, terutama pelanggan melalui berbagai sarana komunikasi termasuk media sosial,” lanjut Alfons.

Selain digunakan untuk memeriksa sisa saldo pulsa, kode UMB *123# biasanya juga digunakan pengguna untuk mengecek kuota paket, hingga pembelian produk dan layanan XL Axiata.

Walau segala aktivitas di atas dapat diakses melalui aplikasi myXL ataupun AXISnet, sebagian pengguna masih banyak yang memilih mengakses kode UMB.

Baca juga: Daftar Harga Paket Internet XL Terbaru Januari 2023

Hal tersebut yang juga melatarbelakangi XL Axiata tetap menyediakan kode UMB kepada seluruh pengguna. Dengan perubahan ini, pengguna yang ingin melakukann pengecekan pulsa atau aktivitas lainnya dapat langsung mengakses kodee UMB *808#, bukan lagi *123#.

Selain kode UMB *808#, operator seluler XL Axiata juga menyediakan layanan alternatif yang bisa diakses melalui aplikasi. Misalnya, myXL untuk pelanggan XL Prabayar dan PRIORITAS, atau AXISnet untuk pelanggan AXIS.

Bagi pengguna yang belum memiliki aplikasi tersebut, myXL dan AXISnet dapat diunduh melalui toko aplikasi resmi Google Playstore (Android) dan App Store (iPhone).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com