Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VIDEO: Hands-on Galaxy S23 Ultra, HP Pertama Samsung dengan Kamera 200 MP

Kompas.com - 06/02/2023, 11:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung sudah resmi memperkenalkan trio smartphone kelas atas bikinannya, Galaxy S23 series, pada Kamis (2/2/2023). Varian yang dihadirkan terdiri dari Galaxy S23 “reguler”, S23 Plus, dan S23 Ultra.

Galaxy S23 Ultra di sini menjadi model tertinggi karena dibekali sejumlah spesifikasi yang lebih mumpuni. Salah satunya kamera utama beresolusi 200 MP (f/1.7). Resolusi tersebut mengalami peningkatan dibanding pendahulunya, Galaxy S22 Ultra yang beresolusi mentok di 108 MP.

Kenaikan tersebut otomatis membuat Samsung S23 “naik kelas” serta menjadi ponsel pertama bikinan Samsung yang dibekali kamera utama 200 MP.

Baca juga: Skor Benchmark Samsung Galaxy S23 Ultra dengan Snapdragon 8 Gen 2 Khusus

Peningkatan lainnya juga terdapat pada chipset. Galaxy S23 Ultra ditenagai oleh chipset khusus besutan Qualcomm, yakni “Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy” dengan fabrikasi 4nm. Penamaan “for Galaxy” inilah menjadikan perangkat ini “spesial”.

Menurut Samsung, kinerja dan performa chipset khusus tersebut telah mengalami peningkatan sebesar 25 persen untuk sektor pemrosesan grafisnya (GPU).

Tidak hanya itu, kecepatan CPU Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy juga mengalami peningkatan hingga 3,36GHz, berbeda dengan chipset versi “reguler” yang mentrok di 3,2 GHz.

Samsung Galaxy S23 Ultra dilengkapi dengan stylus S Pen.Samsung Samsung Galaxy S23 Ultra dilengkapi dengan stylus S Pen.

Kendati demikian, pada aspek desain, Galaxy S23 Ultra dirancang tidak terlalu berbeda dengan Galaxy S22 Ultra, bahkan nyaris sama.

Baca juga: Kata Dian Sastrowardoyo soal Kamera 200 MP Samsung Galaxy S23 Ultra

Mulai layar yang dihiasi punch hole atau lubang kamera di tengah atas layar, desain bodi yang “boxy”, hingga empat sensor kamera belakang. Galaxy S23 Ultra juga disertai pen digital (stylus) yang terletak di sisi bawah kiri ponsel dan slot dual-SIM tanpa micro SD.

Hanya saja, perbedaannya terletak pada kamera depan (selfie) dari Galaxy S23 Ultra datang dengan resolusi yang sedikit lebih kecil, yakni 12 MP. Lalu, varian RAM dan (kapasitas penyimpanan) storage yang ditawarkan S23 Ultra kali ini juga lebih besar, seperti RAM 12 GB dan storage hingga 1 TB.

Samsung Galaxy S23 Ultra sekaligus Samsung S23 series lain sudah bisa dipesan di Indonesia, cara pemesanan bisa disimak di artikel "Cara Pre Order Samsung Galaxy S23 Series di Indonesia".

Sebelum memesan, intip dulu hands-on Samsung S23 Ultra versi Indonesia yang sudah tayang di kanal YouTube KompasTekno melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com