Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Reno8 T Masuk Indonesia, Reno9 Menyusul?

Kompas.com - 07/02/2023, 16:45 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Oppo resmi meluncurkan ponsel terbarunya Reno8 T 4G di pasar Indonesia pada Selasa (7/2/2023) siang ini.

Satu model lainnya dari Reno8 T Series, yaitu Reno8 T 5G dipastikan bakal turut diboyong ke Indonesia bulan depan.

Adapun Reno8 T 4G dan Reno8 T 5G merupakan pelengkap dari Reno8 Series, yaitu Reno8 4G, Reno8 5G, Reno8 Z 5G, dan Reno8 Pro 5G, yang sudah dipasarkan di Tanah Air lebih dulu tahun lalu.

Seperti diketahui, suksesor Reno8 Series, yaitu Reno9 Series juga sudah diperkenalkan di pasar China pada November 2022 lalu.

Baca juga: Oppo Reno 9 dan Reno 9 Pro Meluncur, Ini Spesifikasinya

Dengan adanya Reno8 T Series, apakah ponsel Reno9 Series akan ikut dipasarkan di Indonesia seperti lini Reno Series sebelumnya?

Hal itu, menurut PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto kemungkinan besar tak akan terwujud. Pasalnya untuk saat ini, Reno9 Series dianggap Oppo belum cocok untuk konsumen dan pasar Indonesia.

"Kami tidak bisa memaksakan suatu perangkat masuk ke pasar Indonesia, karena kalau kami memaksakan, nanti yang terjadi ketika perangkatnya masuk, tidak ada yang beli karena tidak memenuhi kebutuhan konsumen," jelas Aryo kepada KompasTekno di sela peluncuran Oppo Reno8 T 4G siang ini.

"Kami memilih Reno8 T 4G merupakan perangkat yang diinginkan konsumen Indonesia, dan perangkat ini kami anggap cocok di sini," tambah Aryo.

Marketing Officer OPPO Indonesia, Patrick Owen dalam acara peluncuran Oppo Reno 8T Series di Indonesia di Oppo Gallery di Mal Gandaria City, Jakarta Selatan, Selasa (7/2/2023).KOMPAS.com/Bill Clinten. Marketing Officer OPPO Indonesia, Patrick Owen dalam acara peluncuran Oppo Reno 8T Series di Indonesia di Oppo Gallery di Mal Gandaria City, Jakarta Selatan, Selasa (7/2/2023).

Reno9 masih eksklusif China

Selain dinilai tidak cocok, Aryo menyebut ada beberapa faktor yang membuat Reno9 belum masuk ke pasar Indonesia.

Beberapa di antaranya seperti ketersediaan Reno9 yang masih eksklusif untuk pasar China, harga perangkat, aturan impor, hingga kebijakan pemerintah.

Baca juga: 4 Fitur Unggulan di Oppo Reno8 T 4G yang Dibanderol Rp 4,9 Juta

"Oppo Reno9 juga kemungkinan besar tidak akan masuk Indonesia, karena saat ini belum ada arahan apapun (dari China) terkait kehadiran perangkat tersebut di Tanah Air," ungkap Aryo.

Aryo tidak memberikan kemungkinan apakah ponsel Reno9 Series nantinya bakal benar-benar masuk Indonesia atau tidak.

Namun, apabila mengacu peluncuran Reno Series sebelumnya di Indonesia, seperti Reno7 Series dan Reno8 Series, ponsel Reno seri "nomor" terbaru biasanya diperkenalkan sekitar pertengahan tahun.

Artinya, kepastian perangkat ini dipasarkan di Indonesia atau tidak mungkin bakal diumbar Oppo lebih lanjut pertengahan tahun ini. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com