Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Artificial Intelligence? Definisi, Jenis-jenis, dan Contoh Penerapannya

Kompas.com - 09/02/2023, 17:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan menjadi salah satu istilah yang tak asing ditemui saat ini. Artificial Intelligence (AI) terus berkembang dan hadir di sela-sela kehidupan masyarakat.

Salah satunya yang terbaru kini yaitu ada ChatGPT. Tools chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) dari OpenAI ini menjadi trending karena fungsinya yang mampu menjawab pertanyaan dengan luwes alias tidak kaku layaknya robot.

Hal ini yang membuktikan bahwa teknologi AI semakin masif merasuki beragam bidang dan membantu kegiatan sehari-hari. Lantas apa sebenarnya definisi AI, jenis-jenisnya, serta bagaimana cara kerjanya?

Baca juga: Tantangan Penerapan Artificial Inteligence di Indonesia

Definisi Artificial Intelligence

Dilansir dari Investopedia, Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah rekayasa teknologi yang memungkinkan sistem komputer, software, yang dibuat dan diprogram untuk dapat “berpikir” seperti manusia dan meniru tindakan mereka.

Karakteristik AI adalah kemampuannya dalam merasionalisasi dan mengambil tindakan yang memiliki peluang terbaik untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan kecerdasan buatan umumnya digunakan untuk pembelajaran, penalaran, dan lain sebagainya.

Beragam industri pun lambat laun mulai mencoba menerapkan hal ini terutama pada industri ekonomi, keuangan, hingga perawatan kesehatan. Artificial Intelligence sendiri dibuat oleh manusia lewat algoritme pemrograman yang kompleks.

Kategori AI

Terdapat dua kategori Artifiicial Intelligence (AI) yaitu Weak AI dan Strong AI. Weak AI biasanya dirancang untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu. Biasanya sistem AI dengan kategori ini mencakup permainan video hingga virtual assistant layaknya Alexa pada Amazon dan Siri pada Apple.

Sedangkan Strong AI lebih kompleks. Strong AI akan menjalankan perintah/tugas semirip mungkin dengan manusia. Sistem ini lebih rumit dan mereka diprogram untuk menangani situasi di mana mereka mungkin diminta untuk memecahkan masalah.

Strong AI dapat ditemukan pada jenis aplikasi seperti mobil self-driving atau ruang operasi rumah sakit. Selain dua kategori itu kecerdasan buatan juga digolongkan menjadi empat tipe yaitu AI reaktif, memori terbatas, teori pikiran, dan kesadaran diri.

Baca juga: Tren Artificial Intelligence di Indonesia 2023 Beserta Isu Etika

AI reaktif

Sistem AI reaktif tidak memiliki memori dan spesifik tugas. Contoh saja Deep Blue, sebuah komputer catur buatan IBM yang mengalahkan juara dunia Garry Kasparov pada 1990-an.

Deep Blue dapat mengidentifikasi bidak di papan catur dan membuat prediksi, tetapi karena tidak memiliki memori, ia tidak dapat menggunakan pengalaman masa lalu untuk menginformasikan masa depan.

Memori terbatas

Sistem AI ini dapat beradaptasi dengan pengalaman masa lalu atau memperbarui dirinya sendiri berdasarkan pengamatan atau data baru. Contoh saja yang bisa ditemukan pada mobil self-driving yang menggunakan pengalaman sebelumnya untuk mengambil keputusan perjalanan di rute berikutnya. 

Teori pikiran

Istilah pada jenis AI ini mengacu pada psikologi. Dikatakan sebagai teori pikiran karena ketika diterapkan pada AI, sistem ini akan memiliki kecerdasan sosial untuk memahami emosi. Jenis AI ini dapat menyimpulkan niat manusia, hingga memprediksi perilaku.

Kesadaran diri

Pada jenis AI ini sistem akan memiliki kesadaran diri. Mesin yang dibekali sistem ini akan dapat memahami keadaan mereka saat ini dan menyimpulkan apa yang orang lain rasakan. Untuk saat ini jenis AI ini masih belum ada.

Baca juga: Google Bersiap Lawan ChatGPT, AI yang Bisa Jawab Pertanyaan Mirip Manusia

Cara kerja Artificial Intelligence

AI bekerja dengan algoritma pemograman pada sistem komputer yang diberikan dalam proses pembuatannya. Sistem akan memproses dengan menggabungkan data dalam jumlah besar dengan pemrosesan berulang dan cepat.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com