Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Bangun 1.100 BTS di Kalimantan Sepanjang 2022

Kompas.com - 09/02/2023, 17:50 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

ENTIKONG, KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata menambah sebanyak 1.100 BTS sepanjang 2022 lalu di Pulau Kalimantan. Jumlah tersebut meningkat 42 persen dari 2021.

Menurut Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, perkembangan bisnis XL di Pulau Kalimantan juga menunjukkan tren yang positif.

Tanpa menyebut angka, Gede mengeklaim bahwa trafik dan jumlah pelanggan XL di Pulau Kalimantan meningkat signifikan. Ia mengatakan wilayah ini punya potensi besar.

Baca juga: Cara Cek Pulsa XL Terbaru Pakai Nomor *808#, Bukan Lagi *123#

Namun, saat ini cakupan jaringan XL Axiata baru sekitar 70 sampai 75 persen dari populasi yang ada di Kalimantan. Oleh karena itulah, XL untuk saat ini akan menambah sekitar 500 BTS untuk tahun 2023 ini.

Jumlah 500 BTS tersebut di luar BTS yang disiapkan untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Gede mengatakan, agar dapat bersaing dengan operator lain, XL harus mencakup setidaknya 80 persen dari total populasi Kalimantan.

Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa di Entikong, Kalimantan Barat. KOMPAS.com/Yudha Pratomo Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa di Entikong, Kalimantan Barat.

"Yang kami bangun bukan hanya coverage, tetapi juga capacity. Kami juga harus upgrade tempat yang kami punya, bukan hanya capacity BTS, tetapi juga fibernya," kata Gede kepada KompasTekno saat meninjau BTS di perbatasan Indonesia-Malaysia, di Entikong, Kalimantan Barat, Kamis (9/2/2023).

Baca juga: Cara Mengaktifkan Roaming XL buat Akses Internet saat Bepergian ke Luar Negeri

Gede menambahkan, XL akan melakukan fiberisasi terhadap sekitar 400 atau 500 site di Kalimantan.

Saat ini, infrastruktur XL Axiata di Pulau Kalimantan diperkuat oleh kabel fiber optic sepanjang lebih dari 9.300 km.

Adapun jaringan 4G XL Axiata di Pulau Kalimantan menjangkau lebih dari 1.800 desa/kelurahan, 466 kecamatan di 55 kota/kabupaten. Total BTS 4G XL Axiata di Pulau Kalimantan saat ini sebanyak 5.800 BTS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com