Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Nintendo Switch Lampaui PlayStation 4

Kompas.com - 10/02/2023, 10:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Konsol game Nintendo Switch tampaknya semakin laris seiring berjalannya waktu. Saking larisnya, total penjualan konsol yang dirilis tahun 2017 tersebut kini sudah melampaui total penjualan salah satu konsol kompetitornya, PlayStation 4 (PS4). 

Hal ini tercantum dalam laporan keuangan terbaru Nintendo yang dirilis belum lama ini. Dalam laporan itu, disebutkan bahwa total penjualan Nintendo Switch per 31 Desember 2022 kemarin tercatat di angka 122,55 juta unit. 

Seperti diketahui, total penjualan konsol PS4, apabila mengacu pada laporan keuangan Sony 2021 lalu, "hanya" berkisar di angka 117,2 juta unit. 

Sebelumnya dengan total penjualan tersebut, PS4 menjadi konsol terlaris nomor tiga dunia setelah PS2 (155 juta unit) dan Nintendo DS (154 juta unit).

Artinya dengan performa penjualan Nintendo Switch terbaru ini, konsol tersebut berhasil mengeklaim posisi PS4 dan menjadi konsol terlaris nomor tiga di dunia. 

Baca juga: Penjualan Konsol PlayStation 4 Tembus 110 Juta Unit

Nantinya pada akhir tahun fiskal Nintendo yang berakhir di Maret 2023 mendatang, perusahaan game asal Jepang ini memprediksi total penjualan Switch akan bertambah sebanyak 18 juta unit. 

Apabila prediksi tersebut terwujud, maka total penjualan Switch per 31 Maret 2023, atau akhir tahun fiskal Nintendo di 2022, bakal mencapai 140,55 juta unit. 

Dengan kata lain, Nintendo masih harus berusaha lebih kuat supaya bisa melampaui total penjualan konsol game terlaris nomor satu dan dua dunia, yaitu PS4 dan Nintendo DS tadi. 

Nintendo tampaknya harus punya strategi baru

Nintendo Switch OLED.TheVerge Nintendo Switch OLED.

Namun, penambahan penjualan unit konsol Nintendo Switch juga mungkin akan sulit terwujud di masa depan. 

Pasalnya, umur konsol ini sudah sekitar enam tahun, dan merupakan hal yang wajar apabila semakin tua umur suatu konsol, maka akan semakin lesu penjualannya. 

Baca juga: Nintendo Switch Dioprek, Dibuat Mirip Steam Deck

Terlebih, Switch juga dihadapkan dengan konsol generasi terbaru, yaitu Xbox Series X/S dan PS5 yang umurnya masih berkisar dua tahun. 

Sehingga apabila Switch mau laris manis di pasar, maka Nintendo tentunya harus melakukan sejumlah strategi ampuh. 

Kabarnya, strategi penambahan total penjualan Nintendo Switch bakal dibantu oleh model Switch terbaru yang konon bakal dirilis 2024 mendatang, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GamesRadar, Jumat (10/2/2023). 

Selain itu, sejumlah game baru yang akan dirilis di Switch dalam waktu dekat, seperti The Legend of Zelda: Tears of Kingdom yang bakal dirilis 12 Mei 2023 mendatang, juga diprediksi akan membantu mendongkrak penjualan konsol tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com