Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mengatasi Kamera Zoom yang Error di Windows

Kompas.com - 11/02/2023, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Penggunaan Zoom yang terlalu sering tentu tak terlepas dari beberapa masalah atau error yang ditemui. Salah satunya kamera Zoom yang error di perangkat Windows.

Beberapa masalah yang biasa ditemui seperti kamera tidak menyala, layar kamera tidak jernih, hingga tampak layar kamera pecah-pecah. Tentu beragam jenis error ini menganggu produktivitas Anda. Terlebih lagi saat Anda sedang menggunakan video conference untuk meeting.

Terdapat beberapa faktor penyebab kamera Zoom bermasalah. Mulai dari versi Zoom yang lawas, kamera webcam yang tidak terpasang dengan benar, dan lain sebagainya. Apabila Anda mengalami permasalahan ini cobalah dengan mengatasinya secara mandiri.

Berikut ini KompasTekno merangkum beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi kamera Zoom yang error di Windows.

Baca juga: Zoom PHK 1.300 Karyawan, Gaji CEO Dipotong 98 Persen

Cek port USB webcam

Apabila Anda menggunakan webcam di laptop atau komputer maka segera mengeceknya apakah webcam terhubung dengan benar. Pastikan sudah terpasang dengan baik. Apabila masih bermasalah cobalah mengganti port USB lain jika perlu.

Setelah itu mulai dengan melakukan tes kamera webcam di aplikasi lain sebelum masuk ke Zoom. Caranya menuju Windows > Camera. Setelah dirasa semua normal mulailah menggunakannya kembali ke aplikasi Zoom.

Memperbarui driver kamera

memperbarui driver kamera zoomKompas.com/soffyaranti memperbarui driver kamera zoom

Penyebab lain bisa jadi driver kamera terblokir oleh antivirus yang terinstal di perangkat. Hal ini yang menyebabkan kamera Zoom tidak berfungsi dengan baik.

Cobalah untuk uninstal driver kamera dan memasangnya kembali. Pilihan lain adalah melakukan update driver. Caranya ketikkan “Device Manager” di pencarian Windows. Pilih driver kamera yang terpasang. Selanjutnya klik kanan dan “Update Driver”.

Cek apakah kamera terhubung dengan aplikasi lain

Salah satu penyebab kamera Zoom tidak berfungsi adalah perangkat Anda sudah menggunakannya untuk aplikasi lain. Periksa apakah ada aplikasi lain yang berjalan menggunakan izin kamera saat bertepatan Anda menggunakan Zoom.

Hal ini yang berpotensi membuat aplikasi crash. Maka dari itu cobalah menonaktifkan aplikasi lain sehingga perangkat kamera hanya terfokus pada aplikasi Zoom.

Baca juga: Google Meet Punya Reaksi Emoji, Mirip Zoom Namun Lebih Interaktif

Cek izin kamera

cek izin kamera zoomKompas.com/soffyaranti cek izin kamera zoom

Kamera Zoom tidak berfungsi sama sekali? Bisa jadi Anda terlupa untuk mengaktifkan izin kamera. Pada perangkat Windows pengguna dapat menuju “Settings/Pengaturan” > “Privasi & Keamanan” selanjutnya pilihg “Kamera”. Selanjutnya geser toogle ke kanan untuk mengizinkan kamera aktif.

Restart perangkat

Salah satu cara mudah mengatasi kamera Zoom yang error dapat dilakukan dengan memulai ulang perangkat. Restart Windows dapat mengatasi beragam bug yang terjadi di aplikasi Zoom. Cara melakukan restart klik menu Windows dan pilih “Restart”.

Memperbarui aplikasi Zoom

Error yang terjadi pada kamera Zoom bisa jadi karena beberapa fiturnya telah tidak berfungsi normal. Maka dari itu cek di Microsoft Store apakah ada notifikasi pembaruan pada Windows.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com