Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canalys: Oppo Vendor HP Nomor 1 di Indonesia Kuartal IV-2022

Kompas.com - 13/02/2023, 11:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo menjadi vendor ponsel nomor satu di Indonesia untuk periode kuartal keempat (Oktober-Desember) 2022. Hal tersebut terungkap dari laporan kuartal keempat (Q4) terbaru dari firma riset pasar ponsel, Canalys.

Menurut data Canalys, Oppo berhasil merajai pasar ponsel Tanah Air dengan pangsa pasar sebesar 27 persen.

Angka tersebu mencerminkan pertumbuhan 0 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Artinya, pangsa pasar Oppo pada kuartal IV-2022 tetap sama dengan periode kuartal IV-2021.

Dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (13/2/2023), Oppo mengungkapkan pihaknya dapat mempertahankan pangsa pasar di Indonesia, di saat vendor ponsel lain mengalami penurunan.

Baca juga: Oppo Reno8 T 4G Punya Kamera 100 MP, Begini Hasil Fotonya

Oppo merajai pasar smartphone di Indonesia periode Q4 2022 dengan pangsa pasar sebesar 27 persen. dok. Oppo Oppo merajai pasar smartphone di Indonesia periode Q4 2022 dengan pangsa pasar sebesar 27 persen.
OPPO berhasil mempertahankan tahtanya dengan memimpin di pasar smartphone Indonesia pada Q4 2022," kata Patrick Owen, Chief Marketing Officer OPPO Indonesia.

"Pencapaian ini menjadi pembuktian produk OPPO memiliki permintaan yang sangat besar dan penerimaan produk OPPO sangat baik di sisi konsumen," lanjut Patrick.

Baca juga: Ponsel Lipat Oppo Find N2 Flip Siap Masuk Indonesia?

Mengawali 2023, kata Patrick, Oppo pun meluncurkan Oppo Reno8 T series yang dilengkapi dengan peningkatan di berbagai sisi untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia. Adapun Oppo Reno8 T series terdiri dari dua model, yaitu Oppo Reno 8T 4G dan Oppo Reno 8T 5G.

Oppo Reno8 T series

Oppo Reno8 T series membawa kamera utama 100 MP Potrait Camera.oppo.com Oppo Reno8 T series membawa kamera utama 100 MP Potrait Camera.
Pada 7 Februari lalu, Oppo secara resmi meluncurkan model Reno8 T 4G. Ponsel ini dijual dengan harga Rp 4.899.000 untuk varian memori RAM 8/256 GB. Sementara Oppo baru akan mengumumkan harga Reno8 T 5G pada Maret mendatang.

Meski belum dua-duanya dirilis, Oppo sudah mengumbar fitur-fitur utama duo Reno8 T series itu ke publik. Sama seperti Reno8 T 4G, Reno8 T 5G hadir dengan sejumlah peningkatan, alias "Topped Up" dari Reno 8 Series di aspek desain, kamera, dan performa.

Pada sektor desain, Reno8 T 5G hadir dengan layar lengkung 3D Curved Screen yang memiliki refresh rate 120 Hz. Biasanya, layar ini hadir di ponsel kelas atas Oppo seperti Oppo Find X3 Series.

Lalu untuk aspek kamera, Reno T 5G dibekali dengan kamera utama Ultra Clear Portrait beresolusi 108 MP, lebih besar dari 100 MP di Reno8 T 4G. Kemudian untuk sektor performa, Oppo menghadirkan teknologi pengisian cepat SuperVOOC berdaya 67 watt, lebih tinggi dari 33 watt di Reno8 T 4G.

Baca juga: 4 Fitur Unggulan di Oppo Reno8 T 4G yang Dibanderol Rp 4,9 Juta

Di pasar Indonesia, Oppo menjual Reno8 T 4G dengan harga Rp 4.899.000 (8 GB/256 GB). Belum diketahui berapa harga resmi Reno8 T 5G di Indonesia.

Namun, banderol perangkat ini kemungkinan akan lebih mahal dari Reno8 T 4G, mengingat spesifikasinya sedikit lebih mumpuni dari ponsel tersebut. Kita nantikan saja peluncuran Reno8 T 5G bulan depan.

Sebagai gambaran, Oppo Reno8 T 5G yang sudah lebih dulu dirilis di Vietnam dibanderol dengan harga termurah 10 juta Dong Vietnam atau sekitar Rp 6,3 juta.

Oppo Fans di Tanah Air sudah bisa memesan alias pre-order Reno8 T 4G mulai 7-13 Februari 2023 di situs Oppo.com dan beberapa mitra e-commerce Oppo lainnya di Indonesia.

Selama periode pre-order, konsumen akan mendapatkan keuntungan eksklusif berupa OPPO Enco Buds2, penawaran spesial cashback hingga Rp500.000, dan bunga 0 persen untuk cicilan di berbagai bank dan kanal pembayaran mitra Oppo di Tanah Air.

Sebelum membeli, tak ada salahnya untuk melihat spesifikasi lengkap dalam artikel: "Spesifikasi dan Harga Oppo Reno8 T 4G di Indonesia".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com