Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Punya Fitur "Anti-ribet" untuk Bikin Reels, GIF, dan Kolase Foto Langsung dari Galeri

Kompas.com - 15/02/2023, 16:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna HP Samsung semakin dimudahkan dalam membuat konten seperti video TikTok/Instagram Reels, gambar bergerak GIF, hingga kolase foto langsung dari galeri HP.

Pasalnya, Samsung kini menyediakan fitur "Create" yang bisa digunakan langsung di galeri, tanpa ribet mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Pantauan KompasTekno fitur "Create" bisa langsung ditemukan di galeri HP Samsung yang menjalankan sistem antarmuka (user interface/UI) OneUI 5.0 seperti ponsel Galaxy A73.

Untuk menemukan fitur Create, pengguna cukup menekan salah satu foto/video selama beberapa detik. Nanti, menu Create muncul di bawah layar bersama dengan opsi "share" (bagikan), "delete" (hapus), dan "more" (lainnya).

Apa saja yang bisa dilakukan dengan fitur "Create" di galeri HP Samsung?

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Ultra Disiksa, Digores, Ditekuk, hingga Dibakar

Sepengelaman KompasTekno, fitur Create menyediakan tiga opsi, yaitu membuat kolase (collage) foto, membuat gambar bergerak GIF, serta membuat film/video secara instan.

Namun, pada ponsel Samsung Galaxy S23 Ultra yang sudah menjalankan OneUI 5.1 terbaru secara bawaan, ada mendapatkan satu opsi tambahan yaitu membuat "Highlight Reel".

Belum diketahui apakah opsi highlight Instagram Reel di fitur Create itu akan hadir juga di perangkat lain atau tidak. Mengingat hingga kini Samsung belum menggelontorkan OneUI 5.1 ke lebih banyak model ponsel.

Collage foto

Fitur Create opsi Collage di galeri HP Samsung bisa collage foto secara instan.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Fitur Create opsi Collage di galeri HP Samsung bisa collage foto secara instan.
Untuk membuat kolase foto secara instan dari galeri HP Samsung, pengguna cukup memilih minimal 2 hingga maksimal 6 foto. Lalu, klik menu "Create" > "Collage".

Nantinya, foto pengguna akan otomatis di kolase. Pengguna bisa memilih tata letak alias layout foto kolase, mengatur rasio kolase (1:1, 16:9, 9:16), serta mengatur ukuran dan warna bingkai foto kolase.

Membuat gambar bergerak alias GIF

 Fitur Create opsi GIF di galeri HP Samsung bisa bikin gambar bergerak GIF foto secara instan.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Fitur Create opsi GIF di galeri HP Samsung bisa bikin gambar bergerak GIF foto secara instan.
Untuk membuat gambar bergerak, pengguna bisa memilih beberapa foto di galeri, lalu klik menu "Create" > "GIF".

Selanjutnya, foto-foto yang dipilih tadi akan secara default disetel menjadi gambar bergerak.

Di jendela GIF, pengguna tentu bisa mengatur rasio gambar, memotong gambar, menambah/menghapus gambar, menyetel kecepatan pergerakan gmbar, hingga menambahkan stiker dan teks pada gambar bergerak.

Baca juga: Memotret Dian Sastro di 29Rooms Singapura Menggunakan Samsung Galaxy S23 Ultra

Bikin video IG Reels atau TikTok

 Fitur Create opsi Movie di galeri HP Samsung bisa bikin video Instagram Reels/TikTok secara instan, tanpa aplikasi pihak ketiga.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Fitur Create opsi Movie di galeri HP Samsung bisa bikin video Instagram Reels/TikTok secara instan, tanpa aplikasi pihak ketiga.
Pengguna juga bisa membuat film atau konten video untuk Instagram Reels, TikTok, dan YouTube secara instan dengan opsi "Movie".

Caranya, pengguna hanya perlu memilih beberapa video yang diinginkan. Lalu klik menu "Create" > "Movie".

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com