Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur yang Sudah Lama Hadir di Telegram

Kompas.com - 15/02/2023, 17:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp bersiap untuk merilis fitur baru. Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak lama dan populer di aplikasi pesaingnya, Telegram.

Fitur tersebut bernama Pinned Message, yang memungkinkan pengguna menyematkan (pin) satu atau beberapa pesan, baik itu di percakapan pribadi atau grup. Pesan tersebut akan tampil di bagian atas jendela percakapan pribadi atau grup.

Pinned Message berbeda dengan Starred Message di WhatsApp. Starred Message menampung beberapa pesan yang sudah ditandai dan kumpulan di kolom yang berbeda.

Sementara Pinned Message, pesan yang di-pin akan muncul di dalam jendela percakapan atau chat

Baca juga: Fitur Translate Chat di Telegram Bisa Dicoba di Indonesia, Begini Caranya

Nah, informasi terkait fitur Pinned Message yang hadir di WhatsApp ini diketahui oleh WABetaInfo

WABetaInfo menemukan fitur tersebut di aplikasi WhatsApp Beta Android versi 2.23.3.17. Fitur Pinned Chats konon sudah siap hadir di pembaruan WhatsApp di masa depan. 

Ilustrasi fitur Pinned Message di WhatsApp.WABetaInfo Ilustrasi fitur Pinned Message di WhatsApp.

Pesan yang di-pin nantinya hanya bisa dilihat jika kedua pengguna memiliki aplikasi WhatsApp dengan versi yang sama, atau yang lebih baru, seperti gambar di atas. 

Kendati demikian belum diketahui rincian lebih lanjut terkait fitur ini, termasuk cara kerja.

Baca juga: 2 Cara Mengetahui Siapa yang Paling Sering Kita Kontak di WhatsApp

Namun apabila rumor ini akurat, maka fitur Pinned Message kemungkinan bakal diuji coba terlebih dahulu ke pengguna WhatsApp Beta, sebelum diluncurkan lebih luas ke pengguna umum, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WABetaInfo, Rabu (15/2/2023).

Terkait fitur-fitur yang ada di Telegram, WhatsApp memang dikenal getol memboyong beberapa fitur Telegram ke dalam aplikasi WhatsApp. 

Sebelum Pinned Message, fitur-fitur Telegram yang kini sudah hadir di WhatsApp mencakup fitur balas pesan (Replies), menyebut orang (Mentions), bergabung grup WhatsApp dari tautan (link), fitur hapus pesan, dan masih banyak lagi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com