Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah HP Pertama Huawei dengan "Dynamic Island"?

Kompas.com - 15/02/2023, 19:15 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah vendor smartphone mencoba mereplikasi fitur 'Dynamic Island' yang ada di iPhone 14 Pro.

Contohnya adalah LeTV dengan LeEco S1 Pro. Meski gimmick belaka, "Dynamic Island" di ponsel tersebut punya bentuk yang sama dengan iPhone 14 Pro.

Selain LeEco, Xiaomi juga dikabarkan akan merilis Xiaomi 13 Lite 5G yang juga punya poni menyerupai Dynamic Island. Nah kini, Huawei juga dikabarkan akan melakukan hal serupa. 

Huawei disinyalir sedang menyiapkan sebuah ponsel terbaru yang akan memiliki "Dynamic Island". Rumor ini datang dari pembocor gadget (tipster) Classmateguan. Ia mengumbar informasi tersebut di media sosial Weibo.

Menurut postingan Classmateguan di Weibo, ponsel Huawei yang akan memiliki poni berbentuk pil ala Dynamic Island iPhone 14 Pro adalah Huawei Nova 11 Pro.

Baca juga: Mengenal Dynamic Island, Poni Baru di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max

Menurut laporan Huawei Central, "Dynamic Island" milik Huawei Nova 11 Pro tersebt akan menampung dua kamera depan yakni satu kamera depan utama dan satu lagi sebagai sensor depth of field.

"Dynamic Island" versi Huawei ini juga diprediksi akan memiliki berbagai fungsi sama seperti Dynamic Island di Apple, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Rabu (15/2/2023).

Artinya, terdapat kemungkinan bahwa poni Huawei Nova 11 Pro dapat digunakan untuk mengakses notifikasi, musik hingga menampilkan animasi yang dinamis.

Kendati demikian, kabar ini baru sebatas rumor belaka. Pihak Huawei sendiri belum memberi informasi terkait keberadaan Huawei Nova 11 Pro tersebut.

Selain bentuk kamera depan yang menyerupai milik iPhone 14 Pro, spesifikasi dan desain dari Huawei Nova 11 Pro juga turut dibocorkan.

Huawei Nova 11 Pro tampak memiliki dua kamera di bagian belakang dan konon akan memiliki kamera periskop. Ketiga kamera tersebut tersusun secara vertikal.

Bocoran mengungkap Huawei Nova 11 Pro akan memiliki Dynamic Island ala iPhone 14 ProHuawei Central Bocoran mengungkap Huawei Nova 11 Pro akan memiliki Dynamic Island ala iPhone 14 Pro

Untuk spesifikasi jeroannya, Huawei Nova 11 kemungkinan akan ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 2 atau Snapdragon 8 Plus Gen 1, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PhoneArena.

Huawei Nova 11 ini konon akan hadir tanpa Google Mobile Services dan menggunakan sistem operasi HarmonyOS.

Belum diketahui pula tanggal peluncuran dari Huawei Nova 11 Pro ini. Namun, menurut informasi Huawei Central, Huawei akan memperkenalkan lini Nova 11 series pada paruh pertama 2023 ini.

Baca juga: Ponsel Ini Punya Dynamic Island seperti iPhone 14 Pro, Harga Rp 2 Juta

Ramai-ramai tiru Dynamic Island

Beberapa vendor smartphone mencoba meniru Dynamic Island, contohnya adalah LeTV dan konon Xiaomi juga akan merilis ponsel dengan fitur serupa.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com