Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai di Twitter Fitur HP Do Not Disturb, Apa Fungsi Sebenarnya?

Kompas.com - 16/02/2023, 15:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan, tengah ramai di Twitter pembahasan mengenai salah satu fitur yang umum tersedia di handphone (HP) saat ini, yaitu fitur mode Jangan Ganggu atau Do Not Disturb. Banyak pengguna yang menyebut fitur itu cukup berguna bagi mereka.

Keramaian pembahasan mengenai fitur Do Not Disturb salah satu contohnya bisa dilihat lewat unggahan twit dari akun base dengan handle @convomf, sebagaimana tertera pada cuplikan di bawah ini.

Baca juga: Ramai di Twitter, Begini Cara Cek Postingan Instagram yang Di-like Pertama Kali

Pada twit tersebut, cukup banyak pengguna yang memberikan komentar bahwa Do Not Disturb atau biasa disingkat DND merupakan fitur yang membawa “kedamaian” lantaran bisa membuat HP mereka tak terganggu dengan notifikasi.

Kendati mode Jangan Ganggu terasa berguna baik sebagian pengguna, namun di sisi lain, ada pula pengguna yang turut menanyakan pada orang yang selalu mengaktifkan fitur itu, sebagaimana pembicaraan pada twit yang berada di bawah ini.

Dengan mengaktifkan fitur ini terus-menerus, menurut pengirim twit tersebut, pengguna bisa berpotensi ketinggalan informasi penting pada HP dari seseorang. Melihat perbedaan pandangan ini, lantas sebenarnya Do Not Disturb untuk apa?

Bila tertarik buat mengetahu lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai fungsi mode Jangan Ganggu yang terdapat di HP.

Fungsi mode Jangan Ganggu (Do Not Disturb)

Untuk diketahui, kebanyakan HP saat ini telah dibekali dengan fitur pengelolaan pemberitahuan dalam beberapa mode, salah satunya yang cukup umum seperti mode Hening (Silent) dan Jangan Ganggu.

Kedua mode tersebut punya cara yang berbeda dalam menyampaikan pemberitahuan atau notifikasi dari aneka layanan (SMS, telepon, aplikasi, dan lainnya) ke HP pengguna. Saat pengguna memilih mode Silent, suara notifikasi bakal disenyapkan.

Akan tetapi, notifikasi tersebut masih muncul di layar HP pengguna. Itulah efek ketika mengaktifkan mode Hening, lalu apa yang terjadi jika kita mengaktifkan mode Jangan Ganggu? Efek mode Jangan Ganggu bisa dibilang lebih senyap ketimbang mode Silent.

Baca juga: Ramai Game “Kasir-kasiran” Supermarket Cashier Simulator, Begini Cara Mainnya

Dikutip dari Lifewire, mode Do Not Disturb bisa mengheningkan sekaligus menyembunyikan semua notifikasi pada layar HP pengguna. Dengan kata lain, semua notifikasi SMS, telepon, atau aplikasi bakal disenyapkan secara total lewat mode pemberitahuan ini.

Meski disenyapkan secara total, bukan berarti notifikasi tidak bisa masuk di HP. Ketika mengaktifkan mode jangan ganggu, pemberitahuan hanya disembunyikan dalam bar notifikasi pada HP dan bisa dilihat di sana.

Kemudian, pemberitahuan juga tetap bisa dilihat langsung dalam aplikasi. Sementara itu, fungsi mode Jangan Ganggu sendiri adalah untuk membantu pengguna supaya bisa lebih fokus dalam beraktivitas.

Lantaran suara dan tampilan pemberitahuan bisa disenyapkan, mode Jangan Ganggu berguna buat mengurangi gangguan kepada pengguna ketika sedang ingin fokus istirahat, bekerja, belajar, bermain game, dan sebagainya.

Mode Do Not Disturb membuat pengguna jadi tidak perlu melihat notifikasi-notifikasi yang mengganggu atau tidak diinginkan di tengah aktivitasnya. Sehingga harapannya, aktivitas yang tengah dilakukan pengguna dapat berjalan lebih optimal.

Di beberapa HP dengan sistem operasi terkini, baik iPhone maupun HP Android, mode Jangan Ganggu bahkan bisa diatur sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas pengguna secara personal.

Misalnya, pengguna dapat membuat mode Jangan Ganggu aktif secara otomatis di jam-jam
tertentu. Kemudian, mode Jangan Ganggu juga bisa diatur supaya diizinkan menampilkan notifikasi dari kontak dan aplikasi tertentu yang dirasa penting.

Baca juga: Lagi Ramai di Medsos, Ini Link Love Character Test buat Cek Karakter Cinta Kita

Adanya pengaturan yang lebih personal tersebut membuat pengguna tidak perlu mengaktifkan mode Do Not Disturb secara terus menerus dan tetap bisa mendapat informasi penting dari kontak atau aplikasi yang diizinkan.

Demikianlah penjelasan seputar fungsi mode Jangan Ganggu yang tengah ramai dibahas di Twitter, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com