Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengirim Foto Sekali Lihat di DM Instagram dengan Mudah

Kompas.com - 16/02/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Platform media sosial kenamaan Instagram atau biasa disingkat IG, punya cukup banyak fitur menarik yang dapat memudahkan pengguna. Salah satunya adalah fitur Sekali Lihat atau View Once.

Sebagian dari Anda mungkin ada yang sudah tak asing lagi dengan fitur View Once. Melalui fitur yang sudah dirilis sejak 2016 silam ini, Anda bisa kirim foto di layanan pesan langsung (DM) IG untuk dilihat sekali saja. Sebetulnya tak hanya foto, tetapi video juga bisa.

Baca juga: Cara Membuat Status di DM IG atau “Note” yang Tengah Viral

Penerima foto yang dikirim melalui fitur View Once di DM IG memiliki kesempatan untuk membuka atau melihatnya sekali saja. Bila foto tersebut telah dilihat sekali maka penerima tak akan bisa membukanya lagi untuk yang kedua kali dan seterusnya.

Seperti nama fiturnya, foto yang dikirim di DM IG hanya bisa dibuka dengan durasi terbatas, sekali lihat (view once). Kirim foto sekali lihat di IG bisa dibilang cukup berguna saat Anda hendak membagikan sesuatu hal yang dirasa sensitif ke pengguna lain.

Dengan kirim foto sekali lihat di IG, harapannya dapat meminimalisir pengguna lain atau penerima untuk menyimpan dan mendokumentasikan hal sensitif tersebut. Lantas, bagaimana cara mengirim foto di IG sekali lihat?

Cara mengirim foto sekali lihat di IG tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengakses DM dan memilih opsi “View Once” saat hendak mengirim foto. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mengirim foto sekali lihat di IG dengan mudah.

Cara mengirim foto sekali lihat di IG

  • Buka DM IG dan mulailah untuk berkirim pesan dengan pengguna lain.
  • Pada ruang obrolan DM dengan pengguna lain, pilih ikon kamera yang tersedia di kolom pengetikan pesan.
  • Saat kamera telah terbuka, ambil foto langsung atau pilih foto yang berada di galeri ponsel.
  • Setelah terunggah dan halaman preview terbuka, pilih opsi “View Once” untuk mengirim foto dalam mode sekali lihat.
  • Terakhir, silakan kirim foto sekali lihat tersebut ke pengguna lain di ruang obrolan DM.

Ilustrasi cara mengirim foto sekali lihat di IG. Saat foto sekali lihat di-screenshot maka bakal muncul tanda lingkaran khusus (gambar paling kanan).)KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengirim foto sekali lihat di IG. Saat foto sekali lihat di-screenshot maka bakal muncul tanda lingkaran khusus (gambar paling kanan).)

Cukup mudah bukan cara mengirim foto sekali lihat di IG? Sebagai informasi tambahan, saat pengguna lain melakukan tangkapan layar atau screenshot foto sekali lihat kiriman Anda, bakal terdapat tanda lingkaran khusus seperti pada gambar di atas.

Tanda tersebut muncul persis di bubble chat yang berisi foto sekali lihat. Dengan tanda lingkaran khusus itu, Anda dapat mengetahui bahwa pengguna lain telah melakukan screenshot pada foto sekali lihat.

Kemudian, untuk diketahui pula, cara di atas dijajal pada aplikasi instagram di iPhone dengan versi sistem operasi iOS 16.2. Beda wadah yang digunakan mungkin bakal beda pula letak opsinya.

Baca juga: Cara Membuat Instafest Spotify, Poster Festival Musik yang Viral di Twitter dan IG

Demikianlah penjelasan seputar cara kirim foto sekali lihat di IG melalui opsi “View Once” yang tersedia pada ruang obrolan DM, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com