Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MediaTek Dimensity 7200 Meluncur, Chipset "Gaming" untuk Ponsel Menengah

Kompas.com - 16/02/2023, 18:03 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Mediatek resmi meluncurkan Dimensity 7200. Chipset ini diklaim dapat meningkatkan pengalaman gaming dan fotografi di ponsel kelas menengah (mid-range).

System-on-Chip (SoC) yang dirancang dengan teknologi fabrikasi 4nm generasi kedua ini dibekali dengan prosesor (CPU) delapan inti (octa core). Kedelapan inti prosesor itu terdiri dari dua inti Cortex-A715 (2,8 GHz) dan enam inti Cortex-A510 (2,0 GHz). 

Untuk pemrosesan visual, SoC Dimensity 7200 ini ditopang dengan unit pengolah grafis (GPU) ARM Mali G610.

GPU ini diklaim dapat memberikan pengalaman gaming dengan dukungan frame rate dan response time tinggi, berkat bantuan teknologi HyperEngine 5.0. 

Baca juga: MediaTek Masih Pimpin Pasar Chipset Smartphone Global, tapi Jumlahnya Turun

Teknologi ini juga memungkinkan Dimensity 7200 dipadukan dengan RAM LPDDR5 dengan kecepatan hingga 6.400 Mbps, serta media penyimpanan (storage) UFS 3.1.

Mediatek Dimensity 7200 mendukung resolusi layar hingga Full HD Plus dengan refresh rate 144 Hz. Chipset ini juga mendukung teknologi visual layar kekinian seperti HDR10+, CUVA HDR, dan Dolby HDR. 

Beralih ke aspek fotografi, Mediatek Dimensity 7200 yang dirancang untuk ponsel mid-range ini mendukung kamera utama hingga 200 megapiksel (MP) dan perekaman video 14-bit HDR-ISP dengan resolusi hingga 4K HDR. 

Fitur pendukung lainnya di chipset Mediatek Dimensity 7200 mencakup pengolah kecerdasan buatan/AI (APU) yang bisa menghadirkan fitur Real-Time Portrait Beautification, serta chip modem 5G dengan kecepatan download mencapai 4,7 Gbps. 

Baca juga: Chip Mediatek Dimensity 8200 Resmi Meluncur, Dukung Ray Tracing

Ada pula dukungan Dual SIM 5G, triband WiFi-6E, hingga Bluetooth 5.3 untuk dukungan konektivitas, Bluetooth LE Audio dan Dual-Link True Wireless Stereo Audio untuk meningkatkan earphone wireless (TWS), dan masih banyak lagi.

Untuk ketersediaan, chipset Dimensity bakal hadir di ponsel 5G pada kuartal-I (Januari-Maret) 2023 ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (16/2/2023).

Tidak disebutkan apa ponsel pertama yang bakal menggunakan chipset ini. Namun menurut rumor yang beredar, Vivo V27 5G, yang saat ini belum diumumkan namun kabarnya telah santer berdar, bakal ditenagai dengan Dimensity 7200. Kita nantikan saja kebenarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com