Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Folder Chat di Telegram agar Rapi

Kompas.com - 19/02/2023, 14:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi layanan pesan instan Telegram terus memberikan fitur terbaik untuk pengguna. Salah satunya fitur folder chat yang telah hadir sejak 2020 silam. Folder chat Telegram membantu pengguna mengklasifikasikan utas chatting berdasarkan kategori tertentu. 

Pengguna dapat membuat beberapa kategori folder berdasarkan kebutuhannya. Masing-masing kategori itu bisa diberi nama sesuai kehendak pengguna. Misalnya saja pengguna ingin membuat chat folder agar chat pribadi dan pekerjaan terpisah.

Maka pengguna dapat membuat dua kategori chat folder yaitu folder  "Pekerjaan" yang berisi chatting dengan para kontak yang berkaitan dengan kantor Anda. Kemudian folder kedua "Pribadi" yang berisi chatting dengan kontak pribadi Anda. Misalnya keluarga, teman, dan lainnya.

Fitur ini tentu sangat membantu bagi Anda yang terkadang salah kirim ke beberapa kontak tertentu. Sehingga adanya folder ini dapat memisahkan beberapa kategori kontak tertentu.

Tak hanya itu dengan membuat folder chat, tampilan halaman chatting pun menjadi lebih rapi dan terorganisir. Anda juga lebih mudah menemukan kontak yang ingin segera dihubungi. Lantas bagaimana cara membuat folder chat Telegram agar kontak lebih rapi? Selengkapnya berikut ini tutorialnya.

Baca juga: Cara Bikin Foto Profil Telegram Bergerak Pakai Emoji dan Stiker

Cara membuat folder chat di Telegram

cara membuat folder chat di telegram Kompas.com/soffyaranti cara membuat folder chat di telegram

  • Buka aplikasi Telegram Anda 
  • Pilih menu tiga baris di pojok kiri atas
  • Pilih “Settings/Pengaturan”
  • Gulir ke bawah pilih “Folder Obrolan”
  • Pilih “Buat Folder Baru”
  • Beri nama folder chat Telegram sesuai yang diinginkan (misalnya: Kantor)
  • Selanjutnya pilih “Tambah obrolan” untuk menambahkan kontak-kontak yang termasuk pada kategori tersebut
  • Anda juga dapat menambahkan jenis obrolan, seperti "Kontak”, “Non Kontak”, “Grup” dan lainnya. Pilih sesuai kategori yang dibuat
  • Pilih ikon centang di pojok kanan bawah dan pilih “Simpan” apabila sudah menyaring kontak yang ingin diklasifikasikan
  • Selesai kini folder chat telah dibuat
  • Nantinya folder chat akan muncul di bagian halaman depan aplikasi dan tampil sebagai label tersendiri sesuai nama folder yang diberi nama

Baca juga: Fitur Translate Chat di Telegram Bisa Dicoba di Indonesia, Begini Caranya

Menariknya, chat yang telah dikelompokkan ke masing-masing folder dapat dipilih kembali untuk mengisi folder lainnya. Sehingga terdapat dua tab yang berbeda yang mengandung percakapan dari kontak yang sama.

Fitur folder chat telegram ini juga akan tersinkron otomatis dengan aplikasi Telegram versi desktop. Sehingga apabila pengguna menggunakan Telegram di desktop maka folder chat akan tetap tampil seperti pada tampilan mobile. Demikian cara membuat folder chat Telegram agar kontak lebih rapi. Semoga membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com