Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Rilis Mode "Picture in Picture Video Call" untuk iPhone

Kompas.com - 20/02/2023, 07:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) akhirnya menggulirkan fitur mode Picture in Picture (PiP) ke lebih banyak pengguna iPhone. Fitur ini sebelumnya sudah diumumkan dan disebar secara terbatas untuk pengguna iOS versi beta pada Desember lalu. Sebetulnya, fitur ini juga sudah lama hadir di WhatsApp versi Android.

Fitur baru WhatsApp ini hadir bersama dengan pembaruan (update) WA versi 23.3.77, dan sudah dapat diunduh di App Store. Adapun fitur ini bisa dicoba pengguna iPhone yang menjalankan iOS versi 12.0 ke atas.

Picture in Picture WhatsApp adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk tetap bisa melihat tampilan video call melalui jendela kecil saat me-minimize panggilan video sambil "chatting" atau keluar dari aplikasi untuk melakukan tugas lainnya.

"Dengan dukungan Picture in Picture untuk iOS. Kini Anda dapat melakukan banyak tugas (multitasking) selama panggilan WhatsApp, tanpa harus menjeda (panggilan) video Anda," demikian bunyi rincian pembaruan yang dibawa WhatsApp versi 23.3.77 di App Store.

Baca juga: 8 Fitur Baru WhatsApp yang Sudah dan Siap Dirilis, Ada Telepon WA Bisa Dijadwalkan

Secara umum, cara kerja fitur Picture in Picture sama dengan aplikasi lainnya, misalnya FaceTime milik Apple.

Setelah melakukan pembaruan aplikasi WhatsApp, pengguna iPhone dapat bergabung dengan panggilan video dan menekan tombol minimize. Nantinya video tersebut akan ditampilkan dalam jendela mengambang kecil (floating window) yang selalu muncul di atas aplikasi lainnya, sebagaimana dihimpun dari 9to5Mac.

Fitur baru WhatsApp lainnya
WhatsApp Avatar resmi dirilis di Indonesia.dok. WhatsApp WhatsApp Avatar resmi dirilis di Indonesia.

Picture in Picture bukan satu-satunya fitur yang dihadirkan oleh pembaruan WhatsApp versi 23.3.77.

Fitur lain yang juga mulai bisa digunakan adalah penambahan caption (takarir) ke file dokumen. Melalui fitur ini, pengguna nantinya bisa menambahkan keterangan dari dokumen yang akan dikirimkan ke seseorang atau grup di WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur yang Sudah Lama Hadir di Telegram

Sebelum pembaruan versi 23.3.77, pengguna tidak dapat mengirimkan dokumen dengan caption. Pengguna hanya bisa mengirim dokumen tanpa keterangan apapun, sehingga mau tidak mau harus mengirim pesan dua kali apabila memerlukan keterangan tambahan.

WhatsApp juga menambahkan dukungan untuk nama dan deskripsi grup yang lebih panjang. Tujuannya untuk mempermudah pengguna dalam mendeskripsikan grup yang telah dibuat.

Jumlah karakter untuk nama grup diperbanyak dari 25 menjadi 100. Penulisan deskripsi grup pun menjadi lebih leluasa, dari yang dulunya terbatas pada 512 karakter menjadi 2.048 karakter, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Time of India, Senin (20/2/2023).

Fitur terakhir yang ditambahkan ke update WhatsApp versi iOS adalah Avatar, fitur yang sudah diluncurkan sejak Desember 2022 lalu.

Avatar memungkinkan pengguna untuk membuat gambar tiga dimensi yang dimodifikasi menyerupai diri sendiri. Pengguna dapat menggunakan Avatar yang telah dibuat sebagai foto profil dan stiker dalam obrolan.

Perlu dicatat bahwa beberapa akun mungkin baru mendapatkan sederet pembaruan ini selama beberapa minggu mendatang. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengecek dan memperbarui versi WhatsApp yang dimiliki di App Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com