Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PS5 Pro Meluncur September 2023? Ini Bocoran Spesifikasinya

Kompas.com - 20/02/2023, 16:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Desas-desus kehadiran konsol PlayStation 5 Pro (PS5 Pro) terus berembus. Kabarnya, PlayStation 5 Pro akan dirilis bulan September mendatang. Rumor ini agak berbeda dari kabar sebelumnya, yang menyebut bahwa versi baru PlayStation 5 ini akan dirilis bulan April tahun ini.

Prediksi baru ini muncul berdasarkan riwayat peluncuran konsol generasi sebelumnya, yakni PlayStation 4/PS4 (2013). Tiga tahun setelah peluncuran PS4, Sony mengumumkan PS4 Slim dan PS4 Pro bulan September tahun 2016.

Nah, tahun ini, menandai tiga tahun setelah perilisan PS 5 tahun 2020 lalu. Itu sebabnya, beberapa rumor memperkirakan Sony akan menggunakan jadwal yang sama untuk merilis konsol anyarnya tahun ini, bisa jadi PS5 Pro atau PS5 Slim, atau bahkan keduanya, sebagaimana dihimpun dari Giz China.

Baca juga: Sony Bakal Rilis PS5 Pro April 2023?

Untuk PS5 Pro, bocorannya sudah beredar sejak tahun lalu. Menurut Insider Gaming, konsol terbaru Sony itu nantinya akan memiliki hardware yang hampir identik dengan PS5 yang sudah ada di pasaran.

Melihat dari rumor-rumor yang ada, salah satu perbedaan tersebut adalah bagian eksternal konsol. PS5 Pro dirumorkan akan dibekali fitur baru, yakni disk drive yang dapat dilepas (detachable disk drive). Fitur baru ini dapat disambungkan ke PS5 dengan menggunakan port USB-C tambahan di belakang konsol.

Disk drive yang portabel ini disebut tidak akan merusak estetika PS5, justru akan membuatnya terlihat "natural". Bicara soal estetik, keberadaan disk drive portabel ini berpotensi membuat konsol PS5 terlihat lebih ramping. Bobot PS5 pun konon juga akan menjadi lebih ringan.

Apabila rusak, pengguna dapat membeli disk drive portabel secara terpisah. Jadi, pengguna tak perlu repot-repot membeli konsol baru ketika komponen tersebut rusak.

Tidak hanya bagian eksternal, bagian internal konsol dirumorkan juga mendapatkan perhatian Sony.

Tez2, orang dalam Rockstar Games (pengembang game Grand Theft Auto/GTA) yang sering membocorkan game Grand Theft Auto (GTA) mengeklaim bahwa PS5 Pro akan membawa banyak peningkatan dibandingkan PS5 reguler. Namun, Tez2 tidak merincikan peningkatan yang dimaksud.

Rumor lainnya yang beredar menyebutkan bahwa PS5 Pro akan dibekali sistem pendinginan yang lebih baik dan juga membawa APU AMD dengan arsitektur RDNA3.

Media penyimpanan PS5 Pro pun dikabarkan akan menjadi lebih besar, yakni 2 TB. Oleh karena itu, pengguna dapat mengunduh lebih banyak lagi game dibandingkan saat menggunakan PS5 model reguler.

Baca juga: Rumor PS5 Pro: Bocoran Spesifikasi dan Waktu Peluncuran

Sony siapkan aksesoris baru

 

Selain soal PS5 Pro, Sony dikabarkan sedang menyiapkan aksesori baru, yakni earbuds wireless "Project Nomad" dan headset wireless "Voyager" untuk PS5. Keduanya konon akan dirilis bebarengan dengan PS5 versi baru, yakni September tahun ini.

ilustrasi aksesori PS5 ilustrasi aksesori PS5

Project Nomad dirumorkan memiliki daya tahan baterai hingga 5 jam yang mirip dengan AirPods milik Apple. Saat baterai habis, pengguna langsung dapat mengisi dayanya kembali dengan menggunakan kabel USB-C yang disambungkan ke konsol PS5.

Berpindah ke Voyager, headset wireless ini memiliki kemampuan yang mirip dengan headset Inzone H7. Contoh fitur yang dimiliki Inzone H7 seperti teknologi audio spasial 360 dan kecepatan pengisian daya cepat.

Headset ini dipercaya langsung datang dengan PS5, sehingga dipastikan akan kompatibel, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Insider Gaming, Senin (20/2/2023).

Perlu dicatat bahwa seluruh detail spesifikasi yang dipaparkan sebelumnya masih merupakan bocoran dan rumor saja. Artinya, ada kemungkinan bahwa informasi tersebut berubah atau kurang tepat.

Sejauh ini, Sony belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai eksistensi PS5 Pro atau PS5 Slim, serta kedua aksesori terbarunya, Project Nomad dan Voyager.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com