Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Fitur Baru OneUI 5.1, dari Kamera hingga Mulititasking

Kompas.com - 22/02/2023, 08:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bersamaan dengan dirilisnya trio Galaxy S23 series pada awal Februari lalu, Samsung juga memperkenalkan sistem antarmuka (user interface/UI) terbarunya, OneUI 5.1.

Kini, OneUI 5.1 mulai disebar ke model ponsel flagship yang lebih lama, seperti Galaxy S22 series, Galaxy S21 series, Galaxy S20 series, Galaxy Z Fold 4, dan Galaxy Z Flip 4.

Pengguna HP flagship Samsung di Indonesia juga sudah mulai kebagian update OneUI 5.1. Ponsel Galaxy S22 Ultra yang digunakan KompasTekno sudah bisa mengunduh update OneUI 5.1 sejak 15 Februari lalu.

Lantas, fitur baru apa saja yang dibawa OneUI 5.1?

Baca juga: Samsung Mulai Sebar OneUI 5.1, Indonesia Sudah Kebagian

Secara umum, pembaruan yang dibawa sistem antarmuka penerus OneUI 5.0 itu meliputi aspek kamera, galeri, panggilan, multitasking, widget, hingga personalisasi.

Berikut deretan fitur baru OneUI 5.1, berdasarkan keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (22/2/2022).

Expert RAW

Dengan update OneUI 5.1, pengguna lini flagship smartphone Galaxy seperti Galaxy S series, Galaxy Fold/Flip series kini bisa menemukan fitur Expert RAW dengan lebih mudah di menu "More". Dengan fitur ini, pengguna bisa memotret objek foto dan mendapatkan hasil mentah atau raw.

Sebelumnya, pengguna harus men-download Expert RAW secara terpisah lewat toko aplikasi Galaxy Store.

Tak hanya lebih mudah ditemukan, Expert RAW pada Galaxy S21, S22, dan S23 series kini juga kedatangan fitur baru, yaitu Astrography untuk memotret bintang.

OneUI 5.1 juga membawa dua opsi rona (tone) hasil kamera depan, yaitu cold tone (kebiru-biruan) atau warm tone (kuning).

Sistem antarmuka terbaru Samsung ini juga memiliki Photo Remaster berbasis AI yang disempurnakan.

Fitur ini secara otomatis memperbaiki detail gambar yang kurang dengan meningkatkan kecerahan, menyempurnakan detail, dan membuat koreksi warna.

Fitur ini juga menghilangkan bayangan dan pantulan yang tidak diinginkan untuk menciptakan foto yang sempurna.

Photo Remaster juga punya object eraser (penghapus obyek) yang kini bisa menghapus bayangan dan pantulan.

Baca juga: Samsung Janji Update OneUI Bakal Digelontorkan Lebih Cepat ke Depannya

Fitur baru di galeri

Dengan OneUI 5.1, pengguna juga bisa mencomot objek foto di galeri tanpa background fotonya. Fitur ini terlihat hadir di Galaxy S23 Ultra. Fitur ini mirip dengan fitur hapus background foto otomatis di iOS 16.YouTube/ SamMobile Dengan OneUI 5.1, pengguna juga bisa mencomot objek foto di galeri tanpa background fotonya. Fitur ini terlihat hadir di Galaxy S23 Ultra. Fitur ini mirip dengan fitur hapus background foto otomatis di iOS 16.
Untuk galeri, Samsung menghadirkan sejumlah peningkatan. Misalnya, galeri di smartphone Galaxy bisa mencari wajah seseorang dengan cara mengeklik wajah yang dimaksud.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com