Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Generasi Pertama Masih Segel Dilelang, Terjual Hampir Rp 1 Miliar

Kompas.com - 22/02/2023, 19:01 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah iPhone generasi pertama dengan kondisi segel pabrik dan plastik masih utuh, terjual dengan harga lebih mahal dari mobil Tesla dalam sebuah lelang.

iPhone tersebut terjual dengan harga 63.000 dollar AS, hampir Rp 1 miliar jika dikonversi ke rupiah, atau lebih tepatnya sekitar Rp 957,9 juta. Angka ini memecahkan rekor sebelumnya.

iPhone generasi pertama ini dilelang di LCG Auctions sejak 2 Februari hingga 19 Februari lalu.

Adapun iPhone generasi pertama dengan kondisi yang sama juga pernah dilelang dan terjual seharga 39.339 dollar AS (sekitar Rp 598,1 juta) pada Oktober 2022 lalu.

iPhone generasi pertama yang terjual seharga Rp 957,9 juta ini merupakan ponsel milik Karen Green. Pada 2007, Green yang bekerja sebagai seniman tatto itu mendapatkan iPhone sebagai hadiah saat mendapat pekerjaan baru.

Masalahnya, iPhone yang diterima Green sebagai hadiah ini ternyata terikat kontrak dengan operator seluler AT&T.

Baca juga: Gen Z Lebih Suka iPhone ketimbang Ponsel Android

Padahal, Green sudah memiliki tiga ponsel yang terikat kontrak dengan operator seluler Verizon. Oleh karena itu, Green membiarkan iPhone-nya yang masih dalam kondisi tersegel itu di dalam lemari selama bertahun-tahun.

Kemudian beberapa tahun lalu, Green mendengar kabar bahwa harga iPhone generasi pertama terus mengalami kenaikan.

Green mendatangi acara televisi bertajuk "Doctor & the Diva" untuk menaksir harga ponselnya. Ternyata, harganya masih berkisar 5.000 dollar AS (sekitar Rp 75,9 juta). Sejak saat itu, harga iPhone original yang masih disegel makin meroket.

iPhone generasi pertama milik Green ini kemudian dilelang di LCG Auctions sejak 2 Februari hingga 19 Februari.

Awalnya, iPhone yang "like new" itu diperkirakan akan terjual dengan harga 50.000 dollar AS (sekitar Rp 760,3 juta).

Namun ternyata harga jualnya melebihi ekspektasi. iPhone generasi pertama milik Green yang harga lelangnya dimulai dari 2.500 dollar AS (sekitar Rp 38 juta) mendapatkan 27 tawaran yang berakhir pada angka 63.356 dollar AS.

Pada 2007, iPhone generasi pertama dijual dengan harga 599 dollar AS atau sekitar Rp 9,1 juta dengan kurs hari ini (Rp 15.200).

Baca juga: Fitur Baru WhatsApp, Pengguna iPhone Kini Bisa Video Call Sambil Buka Aplikasi Lain

Bukan yang termahal

Meski terjual dengan harga hampir Rp 1 miliar, namun, iPhone generasi pertama tersebut bukanlah gadget lawas termahal yang dilelang.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Tech Radar, Rabu (22/2/2023) komputer Apple-1 original pernah terjual seharga 442.118 dollar AS (sekitar Rp 6,7 miliar). Versi prototipenya bahkan hampir mencapai harga 700.000 dollar AS (sekitar Rp 10 miliar).

Mahalnya perangkat ini pun disebabkan oleh sedikitnya jumlah komputer Apple-1 yang diproduksi Apple, yakni hanya 200 buah saja. Dari 200 komputer itu pun, hanya 175 yang terjual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com