Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DxOMark Ungkap Keunggulan Kamera Samsung Galaxy S23 Ultra

Kompas.com - 24/02/2023, 12:30 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber DxOMark

KOMPAS.com - Situs benchmarking kamera, DxOMark merilis ulasan lengkap beserta skor kinerja kamera dari ponsel flagship anyar Samsung, yakni Galaxy S23 Ultra yang dirilis awal Februari ini.

Seperti yang diketahui, model teratas Galaxy S23 series tersebut memang mengunggulkan kamera utamanya yang beresolusi 200 MP.

Skor kamera yang didapatkan secara keseluruhan adalah 140 poin. Galaxy S23 Ultra memiliki skor foto 139 poin, bokeh 70 poin, zoom 141 poin, video 137 poin, keakuratan proses rendering kamera (preview) 73 poin.

Baca juga: Beda Rp 7 Juta, Ini Perbandingan Samsung Galaxy S23 Ultra dan iPhone 14 Pro Max

DxOMark pun mensejajarkan kamera Galaxy S23 Ultra dengan smartphone Google Pixel 7 dan Vivo X90 Pro Plus, yang sama-sama memiliki skor kamera 140 poin.

DxOMark juga memublikasi kelebihan (pro) dan kekurangan (kontra) kamera Galaxy S23 Ultra. Ponsel flagship baru Samsung ini dilaporkan mampu menunjukkan performa kamera yang konsisten.

Dikarenakan kamera mampu menghasilkan detail gambar yang sangat baik, khususnya saat memotret pemandangan (landscape). Rentang dinamis yang dihasilkan mengalami peningkatan dari pendahulunya, Galaxy S22 Ultra.

Samsung Galaxy S23 Ultra varian warna Lavender.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Samsung Galaxy S23 Ultra varian warna Lavender.

Secara teknis, gambar yang dihasilkan mampu menampilkan highlights dan detail bayangan yang cukup baik, walau tengah memotret objek yang memiliki kontras yang tinggi.

Selain itu, detail gambar dapat tetap konsisten walau melakukan pengaturan zoom optik sebesar 3x dan 10x. Kamera juga stabil dalam melakukan perekaman video, dan autofocus yang akurat dalam mengambil foto dan video.

Baca juga: Skor Kamera iPhone 13 Pro Masih Belum Kalahkan Juara DxOMark

Noise (bintik) gambar yang dihasilkan saat memotret dalam kondisi yang minim cahaya juga masih dalam rentang yang wajar bisa ditolerir.

Untuk pengambilan video, Galaxy S23 Ultra sudah mendukung perekaman beresolusi 4K dengan frame rate 60 fps.

Hasilnya menunjukkan performa yang baik saat merekam di luar ruangan, tetapi saat di dalam ruangan (minim cahaya), white balance dari kamera sedikit kurang akurat.

Secara keseluruhan, autofocus, warna, bokeh, teksture video yang dihasilkan tergolong cukup baik, demikian dikutip KompasTekno dari situs resmi DxOMark, Jumat (24/2/2023).

Ulasan lebih lengkapnya terkait kamera Galaxy S23 Ultra dari DxOMark bisa disimak melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DxOMark


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com