Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi Live Location WA Tidak Update

Kompas.com - 26/02/2023, 12:45 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Live location WhatsApp merupakan salah satu fitur WA yang memungkinkan pengguna untuk membagikan lokasinya secara real time kepada pengguna lain. Fitur ini akan menampilkan pergerakan lokasi atau rute kemana pun Anda berada selama ponsel dan WA aktif dalam genggaman pengguna.

Meskipun demikian fitur satu ini juga tak terlepas dari error yang terjadi. Salah satunya fitur live location WA yang tidak update. Permasalahan ini biasanya menampilkan titik lokasi yang sama sehingga terlihat tidak ada pergerakan sama sekali dari. 

Penyebab masalah ini juga beragam. Beberapa di antaranya koneksi yang tidak stabil, fitur waktu dan tanggal ponsel yang tidak update, dan lain sebagainya. Lantas bagaimana cara mengatasi live location WA yang tidak update? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Baca juga: 10 Fitur Tersembunyi WhatsApp, Sudah Tahu?

Restart koneksi internet

Salah satu penyebab live location WA tidak update adalah koneksi internet yang tidak stabil. Cobalah untuk mematikan data seluler Anda dan tunggu dua hingga tiga menit kemudian nyalakan kembali.

Mengatur waktu dan tanggal secara otomatis

Penyebab kedua bisa jadi tanggal dan waktu di ponsel Anda tidak akurat. Hal ini yang menyebabkan fitur live location tidak update dengan baik sesuai lokasi yang ditempati. Untuk mengubah waktu di ponsel Anda berikut ini caranya.

  • Masuk ke menu “Setelan/Settings”
  • Pilih “Tanggal dan waktu”
  • Klik “Format Waktu” pilih “Otomatis”

Sebagai informasi cara ini dilakukan pada ponsel Android Xiaomi Redmi Note 10s.

Pastikan fitur lokasi aktif

Cara mematikan fitur lokasi di Oppo Reno7 4G.Kompas.com/BILL CLINTEN Cara mematikan fitur lokasi di Oppo Reno7 4G.

Live location WA tidak update? Cobalah untuk cek kembali apakah perizinan lokasi Anda sudah aktif. Untuk mengecek perizinan lokasi di ponsel Anda aktif atau tidak, gulir menu dropdown ponsel di atas dan pilih ikon lokasi.

Selain itu Anda juga bisa menuju ke menu Setelan > Lokasi > Geser toogle ke kanan untuk mengaktifkan lokasi. 

Baca juga: Fitur Baru WhatsApp, Pengguna iPhone Kini Bisa Video Call Sambil Buka Aplikasi Lain

Memperbarui aplikasi WhatsApp

Beberapa masalah atau error WhatsApp terkadang dapat diatasi dengan mudah hanya dengan memperbarui aplikasinya. Cek apakah aplikasi menyediakan update terbaru di toko aplikasi Anda kemudian mulai ulang aplikasinya. Dengan memperbarui aplikasi, bisa jadi hal ini dapat mengatasi live location WA yang tidak update.


Memperbarui sistem operasi ponsel

Selain memperbarui aplikasi, cara selanjutnya bisa Anda lakukan adalah memperbarui sistem operasi ponsel Anda. Umumnya hal ini terjadi pada ponsel Android. Apabila Anda menggunakan ponsel Android berikut ini cara update ponsel Xiaomi yang bisa diikuti. Demikian cara mengatasi live location WA tidak update. Semoga membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com