Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Resmikan Galaxy A14 4G, Segera Masuk Indonesia?

Kompas.com - 28/02/2023, 09:15 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan ponsel entry-level Galaxy A14 5G pada Januari lalu. Kini, perusahaan asal Korea Selatan itu mengumumkan kehadiran varian 4G dari ponsel tersebut, yang diberi nama Galaxy A14 4G

Setidaknya begitu menurut situs penjualan Samsung berbahasa Malaysia. Di website ini, bisa dilihat bahwa desain Galaxy A14 4G identik dengan Galaxy A14 5G, yaitu dengan tampilan cangkang dengan nuansa kesat yang warna-warni. 

Secara desain, Galaxy A14 4G mengusung layar IPS LCD dengan ukuran 6,6 inci dan resolusi Full HD Plus. Tidak disebutkan apakah ponsel ini mengadopsi refresh rate 90 Hz seperti Galaxy A14 5G atau tidak.

Pada bagian tengah atas layar ponsel ini, terdapat modul kamera bergaya waterdrop yang memuat kamera selfie beresolusi 13 MP. 

Baca juga: 5 Fitur Unggulan Galaxy A14 5G, HP 5G Samsung Termurah

Masih soal kamera, Galaxy A14 4G juga memiliki tiga kamera di bagian belakangnya, yang terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 5 MP, dan kamera macro 2 MP. 

Beralih ke aspek performa, Galaxy A14 4G ditenagi dengan chipset yang memiliki prosesor (CPU) octa core berkecepatan 2.0 GHz. Konon, chipset ya g dipadukan dengan RAM 6 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB ini berjenis Mediatek Helio G80. 

Sama seperti Galaxy A14 5G, Galaxy A14 4G ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung kecepatan pengisian berdaya 15 watt, serta menjalankan sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) One UI 5.

Baca juga: Adu HP 5G Rp 3 Juta, Samsung Galaxy A14 5G dan Redmi 10 5G

Situs penjualan Samsung Malaysia belum mengumbar harga atau ketersediaan Galaxy A14 4G, namun ponsel ini bakal tersedia dalam beberapa varian warna seperti Black, Silver, Green, dan Dark Red. 

Siap masuk Indonesia?

Tangkapan layar rincian sertifikasi TKDN untuk ponsel Samsung bernomor model SM-A145F. Ponsel ini diyakini kuat sebagai Samsung Galaxy A14 4G.TKDN Kemenperin Tangkapan layar rincian sertifikasi TKDN untuk ponsel Samsung bernomor model SM-A145F. Ponsel ini diyakini kuat sebagai Samsung Galaxy A14 4G.

Karena sudah muncul di situs penjualan "negara tetangga", Samsung kemungkinan besar bakal turut memasarkan Galaxy A14 4G di Indonesia. 

Apalagi, ponsel ini tampaknya sudah mengantongi sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dengan nomor model "SM-A145F", model lain dari “SM-A146P” yang merupakan Galaxy A14 5G.

Bisa dibilang Galaxy A14 4G karena ponsel dengan nomor model yang sama (SM-A145F) juga sudah terdaftar di situs Kantor Standarisasi India/Bureau of Indian Standards (BIS).

Pantauan KompasTekno, Selasa (28/2/2023), ponsel yang diyakini sebagai Galaxy A14 4G itu mengantongi nilai TKDN sebesar 37,6 persen.

Nilai TKDN tersebut sedikit lebih kecil dibanding ponsel bernomor model "SM-A146P" (Galaxy A14 5G) yang mengantongi nilai TKDN sebesar 39,10 persen.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A14 5G di Indonesia

Nah, apabila benar ponsel ini merupakan Galaxy A14 4G, maka ponsel ini akan menjadi suksesor dari Galaxy A13 4G yang meluncur tahun lalu, serta pelengkap dari Galaxy A14 5G yang sudah dijual lebih dulu di Tanah Air.

Lantas, apakah Galaxy A14 4G akan turut diboyong ke pasar Indonesia? Jika iya, kapan ponsel tersebut akan dirilis di sini? Kita nantikan saja dalam beberapa waktu ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com