Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Umumkan Jajaran Laptop Gaming dengan Prosesor Intel Core Generasi Ke-13 di Indonesia

Kompas.com - 28/02/2023, 14:36 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asus mengumumkan laptop terbarunya dari jajaran Republic of Games (ROG) series di Indonesia pada Selasa (28/2/2023) di Menteng, Jakarta Pusat.

Total, ada enam produk yang diperkenalkan. Produk tersebut terdiri dari lima model ROG (ROG Strix Scar, ROG Strix G-series, ROG Zephyrus M16, ROG Zephyrus G16, dan ROG Flow Z13) dan satu model dari TUF Gaming (TUF gaming F15 2023).

Walau keenam model tersebut mengusung nama yang berbeda-beda, seluruh produk kompak ditenagai oleh prosesor (CPU) dari Intel Core generasi ke-13 (Raptor Lake). Prosesor ini mengalami peningkatan dari versi sebelumnya yang ditenagai oleh Intel Core generasi ke-12.

"Jajaran laptop gaming ROG tahun ini tidak hanya sekadar tampil dengan pembaruan spesifikasi hardware saja, tetapi juga memiliki tampilan dan fitur baru yang telah dirancang khusus untuk memanjakan para gamer dan kreator" kata Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director.

Kendati demikian, Asus sendiri masih belum mengumbar lebih lanjut terkait rincian harga keenam produk barunya. Pihak perusahaan hanya mengumbar spesifikasi dan pembaruan yang dihadirkan tiap perangkat. Berikut adalah rincian spesifikasinya.

Baca juga: Laptop Asus ProArt Studiobook 16 3D OLED Punya Layar 3D, Ini Kemampuannya

Asus ROG Strix Scar 16 dan Scar 18

Laptop Asus ROG Strix Scar 16/18.Kompas.com/Caroline Saskia Laptop Asus ROG Strix Scar 16/18.

Asus ROG Strix Scar yang diumumkan merupakan model teratas dari seluruh model yang diperkenalkan. Model Asus ROG Strix Scar yang diluncurkan terdiri dari Scar 16 dan Scar 18.

Penambahan angka di belakang nama model merujuk pada ukuran layar perangkat. ROG Strix Scar 16 mengusung layar berukuran 16 inci, sedangkan ROG Strix Scar 18 datang dengan layar berbentang 18 inci.

Meski hadir dengan ukuran layar yang berbeda, keduanya dibekali spesifikasi yang serupa. Misalnya, Scar 16 dan Scar 18 sudah mengusung ROG Nebula Display dengan resolusi Quad HD, refresh rate 240Hz, color gamut 100 persen DCI-PE, tingkat kecerahan maks 1.000 nits, dan response time 3 ms.

Untuk mendukung performanya, ROG Scar 16 dan Scar 18 ditenagai oleh prosesor i9-13980HX generasi ke-13. Sementara itu, kartu pengolah grafis (GPU) yang diandalkan adalah Nvidia GeForce RTX 4090 yang mendukung Nvidia Advanced Optimus dengan TGP maksimal 175 watt.

Prosesor tersebut dipadu dengan RAM DDR5 seluas 64 GB dan kapasitas penyimpanan sebesar 2TB+2TB dengan jenis memori SSD yang mendukung standar PCIe 4.0.

Untuk daya tahannya, Scar 16 dan Scar 18 topang baterai 90 watt per hours (Whrs) dan mendukung pengisian daya cepat (fast charging). Kedua laptop juga dibekali sistem pendingin dari ROG Intelligent Cooling, Tri-Fan Technology, dan Thermal Grizzly Conductonaut Extreme Liquid Metal.

Sistem operasi yang dijalankan adalah Windows 11. Fitur pendukungnya di bagian keyboard, Scar 16 dan Scar 18 sudah dibekali Mini LED, Wi-Fi 6E, pengisian daya bisa dilakukan melalui colokan USB-C, serta Dolby Vision dan Dolby Atmos.

Asus ROG Strix G16 dan G18

Laptop Asus ROG Strix G16/G18.Kompas.com/Caroline Saskia Laptop Asus ROG Strix G16/G18.

ROG Strix G16 dan G18 merupakan laptop seri ROG yang spesifikasinya berada di bawah ROG Strix Scar. Di atas kertas, Strix G16 dan Strix G18 hadir dengan fitur dan spesifikasi yang cukup serupa dengan ROG Strix Scar 16 dan Scar 18 di atas.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com