Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Update PeduliLindungi Jadi Satu Sehat Mobile di Android dan iOS

Kompas.com - 01/03/2023, 09:26 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Satu Sehat Mobile sudah tersedia di handphone (HP) berbasis iOS dan Android mulai hari ini, Rabu (1/3/2023). Seperti yang dikabarkan sebelumnya, Satu Sehat Mobile atau SatuSehat merupakan aplikasi pengganti dari PeduliLindungi.

Pergantian PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile sebetulnya ditargetkan mulai berjalan pada 28 Februari kemarin. Namun, waktu pergantian itu diumumkan kembali oleh Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes Setiaji menjadi 1 Maret 2023.

Baca juga: PeduliLindungi Jadi Satu Sehat Hari Ini, Pengguna Mengeluh Tak Bisa Login

Mengingat telah tersedia di iOS dan Android mulai hari ini, Rabu (1/3/2023), lalu bagaimana cara mendapatkan Satu Sehat Mobile? Untuk mendapatkan Satu Sehat Mobile, pengguna tak perlu menghapus PeduliLindung di HP.

Pengguna cukup melakukan pembaruan atau update PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile melalui toko aplikasi App Store (iOS) atau Play Store (Android). Adapun penjelasan cara update PeduliLindungi jadi Satu Sehat Mobile yang lebih detail adalah sebagai berikut.

Cara update PeduliLindungi jadi Satu Sehat Mobile

  • Pastikan telah menggunakan aplikasi PeduliLindungi di HP
  • Buka toko aplikasi App Store atau Play Store yang terdapat di HP
  • Kemudian, pada kolom pencarian, cari aplikasi “Satu Sehat Mobile” atau “PeduliLindungi”.
  • Bila telah menemukannya, silakan klik opsi “Perbarui”.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses mengunduh dan menginstal pembaruan Satu Sehat Mobile selesai.
  • Bila telah diperbarui, nama dan logo aplikasi PeduliLindungi bakal berubah menjadi SatuSehat.

Ilustrasi cara update PeduliLindungi jadi Satu Sehat MobileKOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara update PeduliLindungi jadi Satu Sehat Mobile

Itulah cara update PeduliLindungi jadi Satu Sehat Mobile di HP Android dan iOS. Untuk diketahui, Satu Sehat Mobile merupakan aplikasi sistem informasi kesehatan umum dengan fitur yang lebih luas ketimbang PeduliLindungi.

Baca juga: Satu Sehat Mobile Tak Bisa Login, Kemenkes Imbau Pake Kartu Fisik

Satu Sehat Mobile bukan hanya berisi data riwayat atau sertifikat vaksin dan hasil pemeriksaan Covid-19, melainkan juga berisi data rekam medis, hasil tes laboratorium pengguna, dan catatan imunisasi anak.

Dengan data kesehatan elektronik yang terdapat di Satu Sehat Mobile, pengguna nantinya tak perlu repot membawa data rekam medis fisik saat hendak ke rumah sakit untuk berobat.

Supaya bisa mengakses fitur-fitur itu, pengguna bisa login ke Satu Sehat Mobile menggunakan nomor telepon atau e-mail yang sama, yang sebelumnya telah didaftarkan pada akun PeduliLindungi.

Namun, berdasarkan percobaan yang dilakukan KompasTekno sekitar pukul 07.00 hingga 08.00 WIB, Satu Sehat Mobile tampaknya tengah mengalami masalah pada login akun.

Baca juga: PeduliLindungi Jadi Satu Sehat Hari Ini, Pengguna Mengeluh Tak Bisa Login

Setelah nomor telepon dimasukkan, aplikasi ini hanya berputar atau loading. Lalu, akhirnya muncul peringatan bahwa terdapat kesalahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com