Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Sehat Mobile Tak Bisa Login, Kemenkes Imbau Pakai Kartu Fisik

Kompas.com - 01/03/2023, 09:40 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi PeduliLindungi resmi berganti nama menjadi Satu Sehat per hari ini, Rabu (1/3/2023). Pengguna yang kini mengakses aplikasi PeduliLindungi akan diminta memperbarui aplikasi terlebih dahulu melalui toko aplikasi resmi Google PlayStore (Android) atau Apple App Store (iOS).

Setelah diperbaharui, aplikasi tersebut akan langsung berganti nama menjadi Satu Sehat. Namun, aplikasi Satu Sehat tampaknya masih belum bisa diakses.

Pantauan KompasTekno, Rabu pagi, ketika mencoba masuk (login) menggunakan nomor ponsel atau alamat e-mail yang sudah didaftarkan di PeduliLindungi, sistem kerap memunculkan keterangan “Terjadi kesalahan, silakan coba kembali nanti”.

Baca juga: PeduliLindungi Jadi Satu Sehat Hari Ini, Pengguna Mengeluh Tak Bisa Login

Menanggapi masalah tersebut, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengunggah permintaan maaf dan imbauan melalui Instagram di akun @pedulilindungi.id, Selasa (28/2/2023).

“Saat ini PeduliLindungi sedang dalam pemeliharaan menuju transisi ke Satu Sehat Mobile sehingga beberapa fitur yang tersedia dilaporkan tidak dapat diakses sebagian pengguna,” tulis Kemenkes.

Kemenkes juga memberi imbauan untuk mengantisipasi masalah aplikasi Satu Sehat yang sedang error.

Baca juga: Cara Cek Sertifikat Vaksin lewat HP Android, iPhone, dan Tanpa Aplikasi

Pertama, pengguna dapat menyimpan kartu fisik bukti vaksinasi Covid-19. Kedua, simpan sertifikat vaksin Covid-19 digital yang ada di PeduliLindungi.

Terakhir, jika pengguna memerlukan vaksin internasional (WHO/EU/KSA) bisa menghubungi Kemenkes melalui nomor WA ataupun email.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by SATUSEHAT Mobile #GakCumaCOVID19 (@pedulilindungi.id)

Dua imbauan di atas dapat dilakukan dengan mengunduh (download) sertifikat vaksin Covid-19, lalu mencetaknya menjadi kartu fisik atau menyimpannya dalam bentuk digital.

Baca juga: Tak Perlu Download Satu Sehat Mobile, Aplikasi PeduliLindungi Berubah Otomatis

Jika pengguna tidak menyimpan sertifikat vaksin Covid-19 dalam bentuk digital ataupun fisik, pilihan yang tersedia adalah bersabar dan menunggu aplikasi Satu Sehat bisa diakses kembali.

Sebab, hingga berita ini ditulis, pihak Kemenkes juga belum memberikan keterangan atau respons lebih lanjut mengenai aplikasi Satu Sehat yang belum dapat diakses.

Apa itu Satu Sehat Mobile?

Aplikasi Satu Sehat merupakan aplikasi PeduliLindungi yang telah berganti nama. Selain berganti nama, aplikasi Satu Sehat ini disebut akan memiliki sejumlah fitur terkait kesehatan yang lebih beragam ketimbang PeduliLindungi.

Dikarenakan aplikasi Satu Sehat dirancang untuk mengintegrasikan sistem informasi kesehatan di Indonesia, baik dari sisi pengguna, tenaga medis, hingga fasilitas kesehatan. Artinya, seluruh sistem informasi dari tiap fasilitas kesehatan bakal terintegrasi di Satu Sehat.

Baca juga: Cara Update PeduliLindungi Jadi Satu Sehat Mobile di Android dan iOS

Informasi kesehatan atau rekam medis pengguna akan tersimpan di dalam aplikasi, seperti riwayat vaksinasi, hasil pemeriksaan laboratorium, dan basis data stunting. Adanya aplikasi Satu Sehat ini dapat juga memudahkan pengguna menyimpan data rekam medisnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com