Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Tiket Vaksin Booster di Aplikasi Satu Sehat

Kompas.com - 05/03/2023, 08:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi PeduliLindungi resmi bertransformasi menjadi Satu Sehat Mobile per 1 Maret 2023. Pengguna PeduliLindungi wajib memperbarui aplikasi ke Satu Sehat dan login menggunakan akun yang sama.

Setelah di-update, aplikasi PeduliLindungi tidak dapat digunakan lagi. Dibanding PeduliLindungi, Satu Sehat Mobile memiliki lebih banyak fitur.

Sebab, aplikasi ini diproyeksikan menjadi layanan kesehatan digital "satu atap", sehingga tidak fokus pada layanan Covid-19 saja. Akan tetapi, fitur terkait layanan Covid-19, termasuk vaksinasi tetap tersedia.

Baca juga: Tiket Booster Hilang di Satu Sehat Mobile, Apakah Masih Bisa Vaksin? Ini Penjelasan Kemenkes

Seperti di PeduliLindungi, pengguna juga bisa melihat sertifikat vaksin dan mengecek apakah mereka sudah mendapat undangan atau tiket booster atau belum.

Sebagaimana diumumkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebelumnya, masyarakat umum sudah bisa melakukan vaksin booster kedua apabila sudah memenuhi kriteria, yakni berusia di atas 18 tahun dan memiliki jeda minimal 6 bulan dari vaksinasi terakhir.

Kemenkes juga sudah menyebar undangan vaksin bagi masyarakat yang sudah memenuhi kriteria. Undangan vaksin booster kedua itu bisa dilihat di aplikasi Satu Sehat Mobile, berikut caranya.

Cara cek tiket booster di Satu Sehat Mobile

Cara cek tiket vaksin booster di Satu Sehat Mobile.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Cara cek tiket vaksin booster di Satu Sehat Mobile.

  • Pastikan sudah update PeduliLindungi ke Satu Sehat Mobile sesuai tutorial di artikel ini
  • Buka aplikasi Satu Sehat Mobile.
  • Klik menu "Vaksin dan imunisasi".
  • Pilih "Tiket vaksin".
  • Klik profil/nama pengguna.
  • Tiket booster akan muncul.
  • Klik "Simpan sebagai gambar" apabila ingin mengunduh tiket booster di perangkat. Anda bisa mengeceknya di galeri foto setelah diunduh.
  • Anda juga bisa memilih "kirim ke e-mail" apabila ingin membagikannya ke petugas layanan vaksinasi.

Baca juga: Fitur-fitur Satu Sehat Mobile yang Gantikan PeduliLindungi, Tak Cuma Berisi Data Vaksin Covid-19

Anda bisa menyimpan tiket booster tersebut di perangkat secara digital, lalu menunjukkannya ke petugas layanan vaksinasi ketika hendak melakukan vaksin.

Setelah vaksin dilakukan, Anda bisa mengecek apakah sertifikat vaksin sudah terbit atau belum. Cara mengecek sertifikat vaksin bisa disimak di artikel "Beda dengan PeduliLindungi, Ini Cara Cek Sertifikat Vaksin di Satu Sehat Mobile".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com