Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Realme Keluaran Tahun Ini Bakal Bisa Dicas Lebih Cepat

Kompas.com - 06/03/2023, 08:01 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Realme merupakan salah satu vendor smartphone yang cukup rajin memperkenalkan teknologi pengisian daya cepatnya (fast charging).

Sejauh ini, perusahaan sudah yang memperkenalkan fast charging dengan keluaran daya sebesar 150 watt dan 240 watt.

Teknologi tersebut sudah disematkan ke ponsel Realme GT Neo 3 (150 watt) pada 2022 lalu, dan Realme GT Neo 5 serta GT 3 (240 watt) yang dirilis pada Februari 2023. Inovasi tersebut mampu membuat Realme menjadi perusahaan terdepan di teknologi fast charging.

Dilansir KompasTekno dari GSM Arena, Senin (6/3/2023), Realme berencana menghadirkan teknologi fast charging ke 90 persen smartphone buatannya yang dirilis pada 2023 ini. Teknologi fast charging yang disertakan minimal 33 watt atau lebih.

Baca juga: Realme C55 Dynamic Island Meluncur di Indonesia 7 Maret, Ini Bocoran Spesifikasinya

Artinya, sepanjang tahun ini, Realme bakal menghadirkan ponsel-ponsel dengan kemampuan charge yang ngebut. Hanya saja, teknologi tersebut tidak akan diterapkan ke smartphone kelas bawah atau entry level.

Terlepas dari hal itu, Realme juga dikenal sebagai perusahaan yang kerap menawarkan teknologi baru ke smartphone-nya, tetapi memiliki banderol harga yang lebih rendah.

Merujuk pada laporan perusahaan riset Counterpoint Research, Realme menjadi satu-satunya vendor smartphone yang memperkenalkan teknologi fast charging 65 watt dengan harga di bawah 150 dollar AS (Rp 2,28 juta).

Hal tersebut dibuktikan melalui peluncuran Realme Narzo 20 Pro yang dirilis pada 2020 lalu. Ponsel tersebut mendukung fast charging 65 watt, tetapi banderol harganya di bawah 150 dollar AS (Rp 2,28 juta, estimasi kurs Rp 15.250).

Jika strategi ini terus diterapkan ke ponsel-ponsel baru bikinan Realme, perusahaan dimungkinkan menyumbang 85 persen dari total penetrasi penjualan smartphone di kisaran harga 100 dollar AS (Rp 1,52 juta) hingga 149 dollar AS (Rp 2,27 juta).

Baca juga: Realme GT3 Resmi Meluncur dengan Fast Charging 240W

Saat ini, perusahaan menduduki peringkat kedua untuk smartphone mid-to-high dan premium di kisaran harga 250-599 dollar AS (Rp 3,81 juta - Rp 9,13 juta) karena menghadirkan teknologi fast charging 65 watt.

Hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan tengah menargetkan smartphone dengan kisaran harga yang lebih tinggi. Sejumlah pihak pun menduga Realme akan menawarkan teknologi baru dengan harga yang lebih tinggi di masa mendatang.

Namun, untuk saat ini, teknologi fast charging paling ngebut yang dimiliki perusahaan adalah fast charging 240 watt. Untuk lebih jelas mengenai penjelasan teknisnya,bisa simak artikel "Realme Bikin Teknologi Isi Ulang Baterai Cepat 240 Watt".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com