Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampilan Windows 12 Bocor, Meluncur Tahun Depan?

Kompas.com - 06/03/2023, 10:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft dsinyalir tengah menyiapkan sistem operasi (operating system/OS) Windows 12 sebagai penerus Windows 11.

Kini, jagat maya diramaikan dengan tampilan OS yang diyakini Windows 12. Menurut gambar yang beredar, Windows 12 ini memiliki tampilan yang makin menyerupai desain MacOS.

Sistem operasi baru ini disebut-sebut paling cepat dapat meluncur pada 2024 mendatang.

Kabar kehadiran Windows 12 itu berasal dari tweet akun @leaf_hobby yang kini telah dihapus. Akun @leaf_hobby dikenal sebagai pembocor hardware bikinan Intel.

Menurut tweet @leaf_hobby, Windows 12 ada dalam daftar OS yang didukung untuk prosesor desktop Intel Meteor Lake-S.

Baca juga: Pengguna iPhone Kini Bisa Buka iMessage di Windows 11

Laporan terpisah dari BenchLife mengungkapkan, prosesor Meteor Lake itu kemungkinan bakal hadir pada kuartal kedua (April-Juni) 2024.

Dengan informasi tersebut, Windows 12 kemungkinan juga bakal hadir tahun depan.

Pada Juli 2022, media teknologi Windows Central juga telah melaporkan bahwa Microsoft disinyalir sudah mulai mengerjakan Windows 12.

Perlu dicatat, informasi tersebut masih berupa bocoran semata. Sebab, Intel belum mengonfirmasi soal keberadaan prosesor Meteor Lake-S.

Namun, prediksi jadwal atau timeline kehadiran Windows 12 pada 2024 itu cocok dengan siklus pengembangan Windows.

Menurut Windows Central, Microsoft tengah kembali mengubah jadwal perilisan Windows menjadi tiga tahunan. Mengingat Windows 11 diperkenalkan pada 2021 lalu, maka Windows 12 akan dirilis pada 2024 mendatang.

Baca juga: Microsoft Restui Windows 11 untuk Pengguna Mac M1 dan M2

Microsoft sendiri awalnya memang kerap merilis OS Windows terbaru setiap tiga tahun, sejak Windows Vista hingga Windows 10 pada 2015 lalu. Namun, jadwal tersebut kemudian berubah hingga Windows 11.

Inikah tampilan Windows 12?

Ilustrasi tampilan yang konon merupakan tampilan Windows 12.Windows Central Ilustrasi tampilan yang konon merupakan tampilan Windows 12.
Konon, sistem operasi Windows 12 akan diberi nama kode “Next Valley”. Meski demikian, fitur dan tampilan dari OS tersebut masih belum diketahui.

Namun, sebuah gambar ilustrasi desktop Windows justru diyakini sebagai tampilan Windows 12. Ilustrasi di atas digunakan Microsoft di acara Microsoft Ignite 2022 yang digelar beberapa waktu lalu.

Microsoft memang tidak menyebutkan secara gamblang apakah tampilan yang dipamerkannya itu merupakan tampilan OS Windows 12 atau bukan. Namun, tak lama setelah memamerkan desain OS tersebut, kabar kehadiran Windows 12 2024 mendatang muncul.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com