Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Durasi Facebook Reels Kini Diperpanjang Jadi 90 Detik

Kompas.com - 07/03/2023, 08:00 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber BGR

KOMPAS.com - Meta memperkenalkan sejumlah fitur baru (update) untuk Facebook pada Sabtu (4/3/2023). Salah satunya adalah memperpanjang durasi video Facebook Reels dari 60 detik (1 menit) menjadi 90 detik.

Dalam pengumuman di akun Facebook “Meta for Creators”, Meta mengatakan bahwa update tersebut ditujukan untuk memudahkan kreator menciptakan konten menarik dan kreatif.

“Kini kreator memiliki opsi untuk menciptakan Facebook Reels selama 90 detik,” tulis Meta.

Pembaruan ini tampaknya dilakukan untuk bersaing dengan aplikasi video pendek besutan ByteDance, yakni TikTok. Sebab, durasi video pendek di TikTok kini sudah jauh lebih panjang ketimbang Facebook.

Mulanya, TikTok memungkinkan penggunanya berbagi video pendek berdurasi 15-60 detik. Kemudian, durasi video kembali diperpanjang hingga tiga menit. Kini, video pendek TikTok berdurasi hingga 10 menit.

Baca juga: TikTok Perpanjang Durasi Video Jadi 10 Menit

Selain itu, Meta juga memperkenalkan dua fitur baru lainnya kepada pengguna bernama “Memories” dan “Grooves”.

Fitur “Memories” merupakan fitur yang memungkinkan kreator membuat video Facebook Reels dengan cepat, melalui foto atau video lama yang sebelumnya sudah diunggah.

Bisa dikatakan fitur “Memories” ini ditujukan untuk merekap ulang momen-momen lampau yang pernah dibagi oleh kreator dalam bentuk foto/video di Facebook Stories. Lalu, unggahan tersebut digabung menjadi satu konten yang baru.

Sementara “Grooves” adalah fitur yang memungkinkan pengguna melakukan sinkronisasi atau menyelaraskan gerakan di video Facebook Reels dengan ketukan lagu yang digunakan.

“Grooves. Melalui teknologi ketukan visual, (kreator) dapat secara otomatis menyelaraskan gerakan dalam sebuah video (menjadi selaras) dengan ketukan musik dari lagu favorit Anda,” tulis Meta.

Dengan demikian, konten video tarian atau gerakan lainnya yang diunggah kreator, bisa dibuat lebih mulus (smooth) mengikuti alunan musik yang dipakai.

Kreator tidak perlu khawatir lagi jika ada beberapa gerekan yang off-beat, alias meleset dari ketukan musik, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BGR, Selasa (7/12/2023). 

Facebook Reels sudah menyediakan contoh (template) konten yang bisa dipakai kreator untuk menciptakan Reels-nya sendiri. Tanpa perlu repot atau mengeluarkan banyak usaha, kreator bisa lebih dimudahkan melalui fitur-fitur baru yang ada di Reels.

Baca juga: Samsung Punya Fitur Anti-ribet untuk Bikin Reels, GIF, dan Kolase Foto Langsung dari Galeri

Fitur ini sebelumnya sudah digulirkan ke Instagram. Wajar jika Meta kerap menggelontorkan fitur serupa ke platform media sosial yang dinaunginya.

Ditambah lagi, menurut laporan Meta pada Februari 2022 lalu, Reels menjadi salah satu konten yang memiliki pertumbuhan paling pesat. Maka dari itu, Meta ingin berfokus meningkatkan pertumbuhan konten Reels di Facebook ataupun Instagram.

“(Pengguna) menghabiskan setengah waktu mereka untuk menonton video di Facebook dan Instagram. Reels menjadi format konten yang tumbuh paling pesat sejauh ini,” ungkap Meta.

“Kami berfokus membuat Reels menjadi solusi terbaik agar kreator lebih mudah dikenal, terkoneksi dengan audiens mereka, dan menghasilkan uang. Kami juga ingin membuat (Reels) menjadi sesuatu yang menyenangkan dan mudah bagi pengguna mencari dan berbagi konten yang relavan dan menghibur,” tambah Meta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com