Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tecno Spark 10 Pro Meluncur dengan Mediatek Helio G88 dan Layar 90 Hz

Kompas.com - 07/03/2023, 09:30 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Produsen smartphone Tecno resmi meluncurkan ponsel terbarunya yakni Tecno Spark 10 Pro. Ponsel ini sebelumnya sudah dipamerkan di ajang pameran teknologi Mobile World Congress 2023 pada 1 Maret lalu.

Saat itu di atas panggung MWC 2023, Tecno Spark 10 Pro disebut menyasar kalangan muda dan dirancang untuk Gen Z. Oleh sebab itu, Tecno mengusung desain ponsel tersebut yang bergaya modern dan mengilap (glossy).

Seperti namanya, ponsel ini merupakan suksesor dari Tecno Spark 9 Pro yang diluncurkan tahun lalu.

Sebagai penerus, Tecno Spark 10 Pro hadir dengan sejumlah peningkatan. Pada aspek desain, misalnya, layar ponsel tersebut kini sedikit lebih besar dengan luas diagonal 6,8 inci. Layar tersebut memiliki resolusi Full HD Plus dan refresh rate 90 Hz.

Baca juga: Tecno Umumkan Ponsel Lipat Pertama Phantom V Fold

Peningkatan lainnya di ponsel ini terdapat pada chipset yang kini menggunakan Mediatek Helio G88. Chipset ini mendukung refresh rate layar 90 Hz, tidak seperti Mediatek Helio G85 di Tecno 9 Pro yang memiliki dukungan layar dengan refresh rate mentok di 60 Hz.

Adapun chipset baru di Tecno Spark 10 Pro ini dipadukan dengan RAM hingga 8 GB, serta media penyimpanan (storage) mencapai 256 GB.

Untuk sektor fotografi, ponsel ini dibekali dengan dua kamera belakang yang dimuat dalam modul persegi. Kedua kamera ini terdiri dari kamera utama 50 MP dan kamera lainnya yang konon memiliki fungsi untuk menerapkan efek bokeh pada foto (depth sensor).

Ilustrasi Tecno 10 Pro.Tecno Ilustrasi Tecno 10 Pro.
Di bagian depan ponsel, terdapat kamera selfie beresolusi 32 MP yang dimuat dalam modul punch hole yang diletakkan di tengah atas layar.

Baca juga: Selisih Rp 100.000, Ini Beda Spesifikasi Tecno Spark Go 2023 dan Realme C30s

Beralih ke sektor baterai, Tecno Spark 10 Pro ditopang dengan baterai dengan kapasitas 5.000 mAh. Baterai ini mendukung teknologi pengisian 18W melalui konektor USB tipe-C.

Fitur pendukung lain di ponsel ini mencakup sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengna tampilan antarmuka (UI) HiOS 12.6, dukungan konektivitas 4G VoLTE, dan modul pemindai sidik jari yang dibenamkan bersama tombol power.

Ada pula fitur Extended RAM yang memungkinkan ponsel "meminjam" sedikit media penyimpanan (hingga 8 GB) untuk meningkatkan performa ponsel, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Selasa (7/3/2023).

Meski desain dan spesifikasinya sudah dikuak, Tecno belum mengumbar harga dan ketersediaan Tecno Spark 10 Pro. Namun yang jelas, ponsel ini akan hadir dalam dua varian warna yaitu Starry Black dan Pearl White.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com