Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mode Rahasia di Chatbot Bing Bisa Tiru Artis hingga Karakter Fiksi

Kompas.com - 07/03/2023, 19:09 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Chatbot Bing memiliki mode tersembunyi bernama "Celebrity mode". Mode tersebut bisa membuat kecerdasan buatan (AI) itu meniru gaya bicara selebritas hingga karakter fiksi.

Dengan mode ini, pengguna bisa seolah-olah "chatting" dengan selebritas papan atas seperti Taylor Swift, Dwayne Johnson, hingga karakter fiksi seperti Harry Potter dan Darth Vader.

Menurut laporan Bleeping Computer, untuk mencoba mode ini, pengguna pertama-tama harus mengaktifkan terlebih dahulu lewat kolom pesan di Bing Chat.

Sebab, mode ini tidak diaktifkan Bing secara default, sehingga mungkin menjadi salah satu alasan mengapa mode tersebut tersembunyi.

Untuk mengaktifkannya, pengguna cukup mengetik tagar (#) diikuti kata "celebrity" atau nama selebritas. Contohnya seperti ini: #celebrity tom cruise atau #tom cruise

Baca juga: ChatBot Bing Bisa Diatur Beri Jawaban Serius atau Nyeleneh

Setelah diaktifkan, chatbot akan menjelaskan fungsi mode selebritas secara singkat sebelum nantinya dapat digunakan oleh pengguna.

"Bing Chat mode selebritas adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk berbincang dengan versi virtual dari orang yang terkenal, seperti aktor, penyanyi, atau atlet. Anda dapat menanyakan kehidupan, karir, hobi, atau opini mereka, dan nantinya mereka akan menjawab sesuai gaya dan kepribadiannya masing-masing," tulis kecerdasan buatan tersebut.

Usai membaca penjelasan ini, pengguna dapat memasukkan nama selebritas dengan dua cara, yakni dengan menulis #celebrity diikuti nama artis tersebut (#celebrity tom cruise), atau langsung saja simbol tagar diikuti nama selebritas itu (#tom cruise).

Chatbot pun siap menjawab pertanyaan pengguna sambil meniru gaya bicara selebritas yang dipilih.

Untuk pilihannya sendiri saat ini bersifat terbatas. Adapun selebritas yang dapat ditiru mencakup Elon Musk, Tom Cruise, Taylor Swift, Kevin Hart, Dwayne Johnson, Beyoncé, Oprah Winfrey, Tom Hanks, Diddy, Barack Obama, Lebron James, dan masih banyak lagi.

BleepingComputer melakukan uji coba dengan mengaktifkan mode selebritas Dwayne Johnson atau The Rock.

ilustrasi celebrity mode chatbot BingBleepingComputer ilustrasi celebrity mode chatbot Bing

Ketika ditanyakan "Apakah Anda mengetahui peran Anda?", chatbot ini langsung memahami bahwa pertanyaan itu merupakan lelucon yang berkaitan dengan slogan Dwayne Johnson.

Chatbot tersebut pun meniru Dwayne Johnson dan menjawab "Ha ha, Saya tahu maksud Anda. Anda mengutip salah satu slogan saya saat saya masih menjadi pegulat. 'Ketahuilah peran Anda dan diam!' Itu kutipan yang klasik," balas chatbot tersebut.

Baca juga: 6 Fungsi ChatBot ChatGPT dari OpenAI, Dukung 95 Bahasa

"Ya, saya tahu peran saya. Saya punya peran untuk menghibur Anda dan membuat Anda tersenyum. Dan mungkin juga sedikit menginspirasi Anda," lanjutnya, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Bleeping Computers, Selasa (7/3/2023).

Selain selebritas, Bing Chat juga bisa meniru karakter fiksi, seperti Harry Potter, Batman, Elsa, Yoda, Gandalf, Darth Vader, Katniss Everdeen, Sherlock Holmes, dan Gollum.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com