Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Lawas Tidak Punya Fitur "Copas", Ex-Karyawan: Tidak Sempat Bikin

Kompas.com - 09/03/2023, 09:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber BGR

KOMPAS.com - Apple dikenal sebagai perusahaan yang punya deretan inovasi di produk yang mereka buat. Contoh terbaru adalah kehadiran Dynamic Island dan komunikasi satelit di iPhone 14 Pro.

Namun, siapa yang menyangka bahwa dulunya Apple pernah "ketinggalan".

Saat Apple meluncurkan iPhone generasi pertama pada 2007, iPhone tersebut tidak memiliki fitur copy paste alias copas. Padahal saat itu fitur tersebut adalah fitur sederhana yang bisa ditemukan di perangkat komputer.

Lantas, apa alasan ketidakhadiran fitur itu?

Menurut mantan insinyur (engineer) perangkat lunak di Apple, Ken Kocienda, absennya fitur salin dan tempel di iPhone generasi pertama disebabkan karena faktor waktu.

Mantan karyawan Apple tersebut mengaku tidak sempat mengerjakan fitur copy paste untuk iPhone karena fokus mengerjakan hal lain.

Baca juga: iPhone 14 Pro Jadi HP Terbaik di MWC 2023


"iPhone generasi pertama tidak memiliki fitur cut, copy, dan paste. Penjelasan singkatnya, saya tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengimplementasi fitur itu dengan baik," tulisnya melalui akun Twitter dengan handle @kocienda.

Kocienda sendiri adalah salah satu sosok kunci di balik iPhone. Ia adalah tokoh yang berpengaruh di sisi rekayasa perangkat lunak untuk pengembangan iPhone, iPad, hingga Apple Watch.

Ia menjelaskan bahwa timnya saat itu sedang sibuk mengembangkan fitur keyboard virtual dan autocorrect untuk iPhone generasi pertama, sehingga tidak sempat mengerjakan fitur copy paste.

Kemudian, pengerjaan fitur copas ini akhirnya dialihkan setelah peluncuran iPhone pada 2007.

Kendati demikian, pembuatan fitur itu juga tetap membutuhkan waktu yang lama. Sebab, tim Kocienda harus membuat fitur pembesar teks (magnifying text loupe) dan log riwayat sentuh (touch history log) terlebih dahulu.

Menurutnya, implementasi fitur pembesar teks sangat penting agar pengguna dapat menyentuh layar dengan akurat.

Akurasi ini dibutuhkan supaya pengguna dapat menentukan lokasi konten yang akan di-copy paste.

Baca juga: Ramai di Twitter iPhone Berlabel “Made in China”, Apakah Itu Asli?

Walaupun demikian, fitur pembesar teks masih belum sempurna. Kocienda rekannya kemudian mengembangkan log untuk mengedit teks.

Dengan log tersebut sistem dapat mendeteksi posisi jari pengguna beberapa milidetik setelah sentuhan terakhir, sehingga kursor tetap berada di tempat yang diinginkan pengguna.

Inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya fitur copy paste di iPhone.

Apple pun akhirnya meluncurkan fitur salin dan tempel untuk iPhone 3GS yang dirilis 19 Juni 2009, tiga tahun setelah iPhone pertama tersedia di pasaran.

Sejak saat itu pula, fitur copy paste selalu hadir di perangkat iOS sampai sekarang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BGR, Kamis (9/3/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com