Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampilan Spotify Dirombak, Jadi Mirip TikTok, Instagram, dan YouTube

Kompas.com - 09/03/2023, 12:30 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Spotify, melakukan sejumlah perombakan di dalam aplikasinya pada Rabu (8/3/2023). Salah satunya adalah mengubah tampilan halaman utamanya.

Perubahan tersebut, menurut Spotify, dapat memudahkan pengguna mencari konten, seperti musik, siniar (podcast), hingga audiobooks untuk didengarkan.

“Mulai hari ini, saat Anda membuka 'Home' di aplikasi Spotify, Anda akan menemukan lagu, podcast, dan audiobooks yang telah dipersonalisasi serta cuplikan terpilih yang dapat Anda nikmati,” tulis Spotify, seperti dikutip KompasTekno dari blog resminya.

Perubahan tampilan ini memungkinkan pengguna menggulir layar dari bawah ke atas untuk mencari konten yang ingin didengar.

Trek musik yang muncul bukan lagi berbentuk kotak persegi, melainkan memanjang vertikal. Tampilan ini sekilas mirip ketika pengguna scrolling konten di laman For You (TikTok) ataupun Reels (Instagram).

Baca juga: Tiktok Series Meluncur di Indonesia, Kreator Bisa Jualan Konten Eksklusif

Selain itu, perubahan ini juga dibuat menjadi lebih interaktif. Ketika pengguna membuka halaman “Music” di bagian Home, lalu menggulir layar untuk mencari konten, Spotify bakal memunculkan musik yang disertai dengan cuplikan video.

Saat mengakses halaman “Podcast & Shows”, pengguna juga akan melihat cuplikan podcast yang diunggah dalam bentuk video.

Sedangkan, konten “Audiobooks” akan menampilkan cuplikan berupa cover konten yang disertai potongan suara. Fitur cuplikan "Audiobooks" tersedia secara terbatas untuk wilayah Amerika Serikat (AS), Inggris, Irlandia, Australia, dan New Zealand saja.

Pembaruan lainnya terletak di halaman “Search” (Pencarian). Di halaman tersebut, pengguna bisa menggulir layar (swipe) dari bawah ke atas bergaya Instagram dan TikTok, untuk mencari cuplikan dari trek favorit.

Resolusi konten yang ditampilkan juga memiliki rasio 9:16. Cuplikan lagu yang muncul bisa disimpan dan dimasukkan ke playlist, memungkinkan pengguna mem-follow akun penyanyi, hingga membagikannya ke pengguna lain.

Tampilan Home di Spotify kini dibuat lebih interaktif. Mulai dari cuplikan klip musik, podcast, hingga konten Audiobooks (buku bersuara)Spotify Newsroom Tampilan Home di Spotify kini dibuat lebih interaktif. Mulai dari cuplikan klip musik, podcast, hingga konten Audiobooks (buku bersuara)
“Anda akan melihat banyak berbagai macam konten interaktif. Anda akan melihat cuplikan yang mungkin sangat interaktif, (konten) itu telah direkomendasikan untuk Anda, dan dimungkinkan untuk melihat visual tambahan, seperti cuplikan, video, yang diunggah kreator,” ujar CEO Spotify Daniel Ek dikutip KompasTekno dari CBS News, Kamis (9/3/2023).

Baca juga: Spotify Ubah Tombol Hati, Ini Gantinya

Tidak hanya itu, Spotify juga menyebut pihaknya mengandalkan teknologi AI (Artificial Intelligence/kecerdasan buatan) untuk membantu pengguna memutar lagu.

Fitur Shuffle (memutar lagu secara acak) di Spotify kini mengadopsi teknologi AI dan namanya berubah menjadi “Smart Shuffle”.

Fungsi fitur tersebut masih sama, hanya saja sistem akan secara otomatis merekomendasikan lagu baru ke dalam playlist, menyesuaikan genre lagu yang biasanya diputar.

Ada pula fitur baru bernama DJ. DJ dapat mengetahui jenis musik apa yang disukai dan memutarkannya untuk pengguna.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com