Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Jadi Operator Seluler Paling Ngebut Versi Ookla

Kompas.com - 09/03/2023, 16:30 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam acara Ookla Speedtest Awards 2022 yang berlangsung di pameran tahunan Mobile World Congress (MWC) 2023, Barcelona, operator seluler Telkomsel dilaporkan memboyong tiga penghargaan.

Tiga penghargaan yang diterima terdiri dari penghargaan kategori Fast Mobile Network (operator seluler paling ngebut), Best Mobile Coverage (cakupan internet seluler terbaik), dan Best Mobile Network (operator seluler terbaik) di kuartal III-2022 dan IV-2022 di Indonesia.

Dalam penghargaan kategori Fast Mobile Network, Telkomsel tercatat memiliki akses broadband tertinggi di Indonesia mencapai 27,27 Mbps. Sedangkan, kategori Best Mobile Coverage, Telkomsel meraih skor 882 poin.

Baca juga: 2 Cara Cek Umur Kartu Telkomsel lewat Kode UMB dan MyTelkomsel

Angka tersebut disebut setara dengan 97,3 persen pengguna Telkomsel di Indonesia yang sudah menerima layanan jaringan 4G/LTE. Kategori terakhir, Best Mobile Network, Telkomsel tercatat memiliki peran sebagai “pengaktif konektivitas internet” (connectivity enabler) tercepat dengan cakupan terluas di Indonesia.

“Pencapaian ini akan terus jadi pendorong bagi Telkomsel untuk berinovasi dengan implementasi jaringan terkini, mengakselerasikan pemerataan akses jaringan broadband, serta tetap relevan dengan kebutuhan pelanggan lewat produk dan layanan gaya hidup digital terdepan,” ujar Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng melalui keterangan yang diterima KompasTekno, Kamis (9/3/2023).

(Kiri-kanan) Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng menerima tiga penghargaan yang diraih Telkomsel pada ajang Ookla Speedtest Awards 2022, yakni Fastest Mobile Network, Best Mobile Coverage, dan Best Mobile Network. Penghargaan diserahkan langsung oleh Ookla Chief Commercial Officer Shawn Heidel dalam acara tahunan Mobile World Congress 2023 di Barcelona, Spanyol.
Telkomsel (Kiri-kanan) Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng menerima tiga penghargaan yang diraih Telkomsel pada ajang Ookla Speedtest Awards 2022, yakni Fastest Mobile Network, Best Mobile Coverage, dan Best Mobile Network. Penghargaan diserahkan langsung oleh Ookla Chief Commercial Officer Shawn Heidel dalam acara tahunan Mobile World Congress 2023 di Barcelona, Spanyol.

Kendati begitu, skor yang diraih Telkomsel mengalami penurunan jika dibandingkan kuartal sebelumnya, kuartal I-2022 dan II-2022. Di laman SpeedTest, kecepatan akses broadband Telkomsel saat itu adalah 28,33 Mbps dengan skor mobile coverage sebesar 888 poin.

Baca juga: Telkomsel Pakai AI Azure untuk Pelajari Perilaku Pelanggan

Terlepas dari hal itu, sepanjang tahun 2022 Telkomsel mampu mempertahankan posisinya sebagai "Fastest Mobile Network".

Penghargaan lain yang juga diraih adalah Telkomsel terverifikasi sebagai penyedia jaringan dengan tingkat latensi terbaik (Best Latency Mobile Network) dengan nilai latensi 24 ms.

Dengan capaian tersebut, Derrick berharap Telkomsel ke depannya bisa terus meningkatkan kenyamanan pengguna dan memperkuat ekosistem digital dalam negeri.

“Kami berharap dapat tetap konsisten untuk terus membuka lebih banyak potensi kemajuan bagi pelanggan, sekaligus memperkuat ekosistem digital nasional yang semakin inklusif dan berkelanjutan,” papar Derrick.

Baca juga: Telkomsel Siapkan Layanan Internet Unbreakable WiFi

Bentuk komitmen yang sudah dijalankan adalah Telkomsel sudah melangsungkan peningkatan layanan jaringan 3G ke 4G/LTE secara bertahap di 504 kota/kabupaten di wilayah Indonesia. Di tahun ini, 2023, komitmen yang bakal dijalankan adalah meningkatkan kenyamanan dan pengalaman penggunanya.

“Telkomsel berkomitmen untuk terus menjadi pemimpin digital yang mengoptimalkan berbagai potensi kemajuan, serta memberdayakan potensi seluruh lapisah masyarakat Indonesia,” pungkas Derrick.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com