Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Instagram di Indonesia Mulai Bisa Sawer Kreator Reels

Kompas.com - 10/03/2023, 10:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram memiliki fitur monetisasi bernama "gift" (hadiah). Fitur ini memungkinkan pengguna memberi hadiah virtual berupa stiker kepada kreator Instagram Reels. Hadiah hasil saweran itu bisa diuangkan sehingga menjadi pendapatan bagi kreator.

Pantauan KompasTekno, Kamis (9/3/2023), pengguna Instagram di Indonesia mulai bisa menyawer kreator konten Reels dengan fitur gift tersebut.

Sepengalaman KompasTekno, fitur gift ini diwakili dengan ikon kado dengan keterangan "send gift". Ikon tersebut dapat ditemui di konten Reels kreator, letaknya di atas username pengguna.

Ketika diklik, pengguna akan melihat enam stiker dengan nilai yang berbeda-beda, mulai dari paling kecil 10 bintang hingga paling tinggi 300 bintang.

Baca juga: Cara Tambah Lagu di Postingan Instagram Reels agar Lebih Menarik

Untuk memberikan hadiah stiker, pengguna perlu membelinya dengan bintang pula. Pengguna perlu isi saldo bintang dengan mengeklik "add to balance".

Instagram menyediakan tiga opsi top up saldo bintang. Berikut harganya:

  • 45 bintang - Rp 15.000
  • 140 bintang - Rp 44.000
  • 300 bintang - 89.000

Pengguna bisa membeli bintang dengan kartu kredit/debit bank, GoPay, atau metode pembayaran lain yang biasa ada di Google Play. Setelah saldo bintang terisi, pengguna baru bisa menyawer kreator Reels dengan memberikan stiker tadi.

Fitur send a gift di Instagram Reels. Fitur memberi hadiah virtual berupa stiker ini bisa mendatangkan pundi-pundi uang untuk kreator, khususnya pembuat konten Reels.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Fitur send a gift di Instagram Reels. Fitur memberi hadiah virtual berupa stiker ini bisa mendatangkan pundi-pundi uang untuk kreator, khususnya pembuat konten Reels.
Gift sebagai bentuk apresiasi

Fitur gift Instagram ini pertama kali diperkenalkan pada November 2022. Instagram mengungkapkan, fitur gift di Instagram Reels ini memungkinkan pengguna menunjukkan apresiasinya terhadap para kreator Reels favorit mereka.

Bagi kreator, fitur gift Instagram ini menjadi cara baru menghasilkan uang dari konten Instagram Reels.

Baca juga: Musik Reels Instagram Bisa Disimpan dan Di-share, Begini Caranya

Sementara bagi Instagram, fitur gift tersebut menjadi aliran pendapatan lain di luar iklan, karena pembuat Instagram harus berbagi sebagian dari pendapatan yang mereka peroleh dengan Instagram.

Menurut Instagram di laman Help, setiap 1 bintang dari gift yang diterima dari fans, senilai dengan 0,01 dollar AS (sekitar Rp 154). Kreator Reels akan menerima pembayaran bila hadiah yang diterima telah mencapai minimal 25 dollar AS (setara Rp 386.000).

Sayangnya, menurut Instagram, saat ini, fitur gift masih terbatas hanya bisa dinikmati oleh kreator asal AS yang memenuhi syarat. Dengan kata lain, kreator asal Indonesia belum bisa mendapatkan saweran dari penggemarnya.

Namun, pengguna Instagram di Indonesia sudah mulai bisa mengirimkan hadiah virtual kepada kreator.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com