Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Ini Dapat "Upgrade" Android hingga 5 Generasi, Lebih Lama dari Lainnya

Kompas.com - 10/03/2023, 14:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pembaruan sistem operasi menjadi salah satu aspek yang menjadi pertimbangan kebanyak orang sebelum membeli smartphone.

Vendor smartphone Android biasanya memberikan dukungan pembaruan keamanan dan upgrade sistem operasi Android untuk batas waktu tertentu saja.

Biasanya, ponsel Android hanya mendapatkan dukungan pembaruan software empat tahun saja. Durasi ini lebih pendek dibanding iPhone yang masih bisa mendapatkan pembaruan OS iOS sekitar 5-6 tahun.

Baca juga: Cara Update Android 13 di HP Samsung

Akan tetapi, kebijakan berbeda diberlakukan vendor smartphone Android asal Eropa, Fairphone.

Fairphone berkomitmen memberikan dukungan software yang cukup lama pada smartphone bikinannya, yaitu upgrade OS Android sebanyak lima generasi dan tujuh tahun dukungan pembaruan keamanan.

Kebijakan tersebut menjadi dukungan software paling lama yang diberikan vendor smartphone untuk ponsel bikinannya.

Sebagai perbandingan, Samsung kini menjanjikan smartphone keluaran terbarunya mendapatkan dukungan upgrade OS Android sebanyak empat generasi dan lima tahun dukungan pembaruan keamanan.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Dapat Update Android hingga 2027

Kebijakan itu meningkat dari sebelumnya upgrade tiga generasi Android dan empat tahun pembaruan keamanan.

Oppo juga mengikuti jejak Samsung. Namun, komitmen empat kali upgrade Android dan lima tahun update keamanan itu disebut berlaku terbatas untuk HP flagship Oppo keluaran 2023.

Fairphone 2 dapat 5 kali upgrade Android

Ilustrasi ponsel Fairphonearstechnica Ilustrasi ponsel Fairphone
Kebijakan dukungan software yang lama dari Fairphone itu sudah diimplementasikan di Fairphone 2.

Ketika dirilis pada 2015 silam, Fairphone 2 menjalankan sistem operasi Android 5 (Lollipop). Sesuai janji, Fairphone 2 masih mendapatkan upgrade OS hingga Android 10.

Fairhone 2 juga masih mendapatkan update keamanan hingga 2022. Setelah 7 tahun, Fairphone mengumumkan bakal menghentikan dukungan resminya untuk Fairphone 2 pada Mei 2023 mendatang atau hampir 8 tahun setelah rilis.

Setelah Fairphone 2, smartphone keluaran 2021, Fairphone 4 melanjutkan tren dukungan perangkat lunak yang lama dari Fairphone, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Jumat (10/3/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com