Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata “Flexing” yang Ramai Dipakai di Twitter dan Medsos Lain

Kompas.com - 11/03/2023, 13:45 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Akhir-akhir ini di Twitter atau media sosial (medsos) lain seperti Instagram dan TikTok, kata flexing tampaknya kembali ramai dipakai oleh para pengguna. Di medsos, flexing kerap diasosikan sebagai sebuah aktivitas atau perilaku.

Salah satu contoh pengguna kata flexing yang sering diasosiasikan sebagai sebuah aktivitas atau perilaku tertentu bisa dilihat lewat unggahan twit dari akun dengan handle @PartaiSocmed, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: Ramai Gambar dari Emoji di Twitter, Begini Cara Membuatnya

Pada twit tersebut, kata flexing dipakai untuk menyebut tindakan seseorang yang dilakukan di sebuah lokasi. Pemakaian kata flexing untuk menyebut tindakan tertentu juga bisa dilihat di TikTok pada salah satu unggahan video di bawah ini dari akun @lee.boy_.

@lee.boy_ flexing ga tuh?#ibnuwardani #flexing #lita #leeboy #stitch ? original sound - Ibnu Wardani

Di video tersebut, kata flexing muncul di caption untuk mempertanyakan tindakan dari seseorang yang sedang menunjukkan besaran biaya pergi ke luar negeri. Selain dua contoh di atas, masih bisa dijumpai banyak lagi pemakaian kata flexing di medsos.

Sebagian dari Anda pun mungkin juga sudah melihat sendiri pemakaian kata flexing di medsos. Kendati mungkin telah melihat sendiri, namun sebenarnya tahukah apa itu flexing yang ramai digunakan di medsos akhir-akhir ini?

Baca juga: Viral Video di WhatsApp yang Bisa Bikin HP Lag hingga Mati, Apa Sebabnya?

Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai arti flexing yang ramai digunakan di medsos belakangan.

Arti flexing yang ramai digunakan di medsos

Flexing merupakan salah satu kata dalam bahasa Inggris yang memiliki kata dasar “flex”. Dikutip dari kamus bahasa Inggris Merriam Webster, secara harfiah, dalam penggunaan formal, arti flexing atau flex adalah mengencangkan sesuatu, terutama bagian tubuh.

Misal, “he is flexing his arms to show his muscles”, yang berarti dia tengah mengencangkan lengannya buat menunjukkan otot-ototnya. Kata ini sering dipakai oleh binaragawan. Untuk menunjukkan otot yang dimiliki, binaragawan biasa mengencangkan bagian tubuhnya.

Selain secara formal, kata flexing juga memiliki arti lain dalam penggunaan secara informal, slang, atau bahasa gaul. Dalam bahasa gaul, arti flexing adalah menampilkan sesuatu dengan sok-sokan alias memamerkan sesuatu.

Kata flexing dalam bahasa gaul ini memiliki arti yang sama seperti “show off”. Dikutip dari Dictionary.com, sebagai bahasa gaul, istilah flexing untuk menyebut tindakan pamer telah dipopulerkan sejak 1990’an oleh penyanyi Rap di Amerika Serikat.

Arti flexinng dalam bahasa gaul itulah yang kerap dipakai di medsos. Jika merujuk pada kebiasaan penggunaan kata ini di medsos, arti flexing cenderung dipakai untuk menyebut tindakan memamerkan sesuatu, terutama kekayaan atau harta.

Baca juga: Viral, Ini Daftar Link Tes Karakter Kepribadian Ktestone, Ada Berbagai Tes Menarik

Jadi, bila terdapat pengguna di medsos yang memakai kata flexing dan disertai keterangan berbau harta, itu maksudnya adalah menyebut tindakan pamer. Demikianlah penjelasan lengkap seputar arti flexing yang ramai dipakai di medsos belakangan, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com