Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengunci WhatsApp di iPhone biar Tak Dibuka Sembarangan

Kompas.com - 11/03/2023, 18:55 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Apakah WhatsApp di iPhone bisa dikunci? Mungkin bakal cukup menyebalkan jika ada orang lain seperti teman tengah meminjam iPhone kita, lalu malah membuka aplikasi WhatsApp atau biasa disingkat WA secara sembarangan tanpa izin.

Baca juga: Trik Kirim Chat WhatsApp ke Orang yang Memblokir Kontak Kita

Pasalnya, tak bisa dipungkiri, WhatsApp banyak menyimpan percakapan pribadi. Di sisi lain, untungnya, aplikasi WhatsApp di iPhone bisa dikunci atau di-lock. Fitur ini dapat meminimalisir masalah akses sembarangan oleh orang lain pada aplikasi WA di iPhone kita.

Lantas, bagaimana cara mengunci aplikasi WhatsApp di iPhone? Mengunci WA di iPhone pada dasarnya bisa dilakukan dengan mudah. Namun, terdapat satu langkah yang harus dilakukan sebelum bisa mengunci WA di iPhone.

Langkah tersebut adalah mengaktifkan terlebih dahulu sistem keamanan biometrik di iPhone, sesuai masing-masing modelnya, bisa Touch ID (pemindai sidik jari) ataupun Face ID (pemindai wajah).

Mengaktifkan Touch ID atau Face ID bisa dilakukan melalui menu pengaturan iPhone. Bila Touch ID atau Face ID tidak diaktifkan maka fitur penguncian WA di iPhone tak dapat diaktifkan pula.

Setelah sistem keamanan biometrik tersebut diaktifkan, berikut adalah penjelasan mengenai cara mengunci WhatsApp di iPhone.

Cara mengunci WhatsApp di iPhone

  • Buka aplikasi WhatsApp di iPhone.
  • Pilih ikon gerigi roda yang terletak di pojok kanan bawah untuk mengakses menu pengaturan.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Privacy” atau “Privasi”.
  • Kemudian, pilih opsi “Kunci Layar”.
  • Lalu, silakan geser toggle opsi “Perlu Face ID” atau “Perlu Touch ID” ke posisi aktif (berwarna hijau).
  • Terakhir, atur waktu penguncian WhatsApp di iPhone sesuai dengan pilihan yang tersedia.

Ilustrasi cara mengunci WhatsApp di iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengunci WhatsApp di iPhone.

Kini, fitur kunci WA di iPhone berhasil diaktifkan. Nantinya, Anda perlu melakukan pemindaian wajah atau sidik jari untuk bisa mengakses WhatsApp. Atau, bisa juga memasukkan kata sandi perangkat iPhone bila pemindaian tersebut gagal.

Dengan cara ini, aplikasi WhatsApp di iPhone kita bakal sulit buat dibuka oleh orang lain secara sembarangan. Cukup mudah bukan cara mengunci WhatsApp di iPhone?

Baca juga: 20 Link Download Wallpaper WA Aesthetic, Ada Beragam Tema

Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada iPhone dengan versi iOS 16.3. Beda versi iOS mungkin bakal beda pula letak opsinya. Demikianlah penjelasan cara mengunci WhatsApp di iPhone, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com