Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy A54 Muncul di Situs Resmi Jelang Peluncuran

Kompas.com - 12/03/2023, 18:10 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung disinyalir tengah mempersiapkan Galaxy A54, ponsel kelas menengah terbarunya. Meski belum diperkenalkan, wujud ponsel ini sudah beredar di dunia maya.

Baru-baru ini, wujud Galaxy A54 muncul di situs resmi Samsung Makedonia yang menampilkan desain ponsel tersebut bersama dengan cover pelindungnya.

Samsung Galaxy A54 sendiri dikabarkan akan meluncur secara global pada 15 Maret mendatang. Prediksi jadwal perilisan ini mengikuti pendahulunya Samsung Galaxy A53 yang dipasarkan Maret 2022 lalu.

Baca juga: 5 HP Samsung RAM 4 GB Harga Mulai Rp 1 Jutaan

Melihat situs Samsung Makedonia, desain ponsel yang ditampilkan sama persis dengan bocoran-bocoran yang sudah beredar sebelumnya.

ilustrasi bocoran Galaxy A54 dari situs Samsung MakedoniaSamsung ilustrasi bocoran Galaxy A54 dari situs Samsung Makedonia
Dari gambar yang tampil di halaman tersebut, Samsung Galaxy A54 tampak memiliki punch-hole yang ditempatkan pada bagian tengah atas layar.

Di bagian terlihat tombol power dan volume, sedangkan bagian bawahnya dibekali speaker, mikrofon, dan port USB Type-C. Sementara di bagian belakang, Samsung Galaxy A54 konon memiliki tiga kamera yang disusun secara vertikal.

Wujud Samsung Galaxy A54 yang muncul di halaman tersebut, tampak "dibungkus" casing bernama Smart View Wallet Case ini terlihat memiliki varian warna hitam, ungu, dan hijau lime.

Selebih dari itu, tidak banyak informasi terkait spesifikasi ponsel yang dimuat dalam halaman web itu. Meskipun demikian, sudah banyak bocoran yang membahas spesifikasi Samsung Galaxy A54.

Dari bocoran yang beredar sebelumnya, Samsung Galaxy A54 dikabarkan akan mengusung layar AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.340 x 1.080) dan dukungan refresh rate hingga 120 Hz.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A14 4G di Indonesia

Pada bagian tengah atas layar, terdapat lubang kamera yang memuat kamera selfie 32 MP.

Sedangkan untuk bagian punggungnya konon akan dibekali setup tiga kamera yang mencakup kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 12 MP, dan kamera makro 5 MP.

Berpindah ke dapur pacu, Samsung Galaxy A54 rumornya akan ditenagai chipset Exynos 7904. Namun, ada pula sumber yang mengeklaim bahwa ponsel Samsung itu akan menggunakan Exynos 1380.

Chipset ini pun nantinya dipadukan dengan opsi RAM 6 GB atau 8 GB dan ruang penyimpanan (storage) seluas 128 GB/256 GB.

Galaxy A54 kabarnya juga akan ditopang baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan teknologi pengisian cepat berdaya 25 Watt.

Selain itu, ponsel ini didukung fitur lainnya seperti sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka One UI 5, pemindai sidik jari di bawah layar, konektivitas 5G, NFC, GPS, serta ketahanan air dan debu dengan rating IP67.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com