Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera 12 MP Galaxy S23 Ultra Sudah Cukup, Kamera 200 MP untuk Apa?

Kompas.com - 13/03/2023, 17:26 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Samsung telah merilis ponsel flagship anyarnya, Galaxy S23 series pada Februari lalu di pasar Indonesia. Tiga ponsel yang diperkenalkan adalah Galaxy S23, S23 Plus, dan S23 Ultra.

Versi "ultra" merupakan varian tertinggi dari jajaran Galaxy S23 series. Ponsel tersebut juga menjadi perangkat pertama bikinan Samsung dengan kamera 200 MP. Dengan resolusi setinggi itu, sebenarnya seberapa penting kamera utama tersebut untuk pengguna?

Dalam sebuah acara workshop media bertajuk "Share the Epic Trip by Samsung Galaxy S23 Series 5G" yang dilaksanakan di Banyuwangi, Kamis (13/3/2023), Samsung mengungkapkan pentingnya kamera 200 MP pada Galaxy S23 Ultra.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Ultra dan iPhone 14 Pro Max Dibanting, Siapa yang Lebih Kuat?

MX Product Marketing Manager, Samsung Electronic Indonesia, Verry Octavianus mengatakan kamera 200 MP berfungsi untuk mempertahankan resolusi dari sebuah gambar yang dipotret.

Misalnya, menurut Verry, ketika pengguna memotret sebuah objek, lalu mengunggahnya ke media sosial dan foto tersebut tidak perlu melewati proses editing atau cropping (dipotong), pengguna bisa memakai resolusi kamera standar dari Galaxy S23 Ultra, yakni 12 MP.

"Kalau memang kita misalnya foto dan hanya untuk masuk social media, dan tanpa crop, kita bisa menggunakan kamera default, itu di 12 MP. Jadi kita bisa selfie atau pakai kamera belakang dengan resolusi 12 MP," ujar Verry.

MX Product Marketing Manager, Samsung Electronic Indonesia, Verry Octavianus tengah menyampaikan keunggulan fitur dari Galaxy S23 series dalam acara workshop media bertajuk Share The Epic Trip by Samsung Galaxy S23 Series 5G di Banyuwangi, Kamis (13/3/2023)KOMPAS.com/Caroline Saskia. MX Product Marketing Manager, Samsung Electronic Indonesia, Verry Octavianus tengah menyampaikan keunggulan fitur dari Galaxy S23 series dalam acara workshop media bertajuk Share The Epic Trip by Samsung Galaxy S23 Series 5G di Banyuwangi, Kamis (13/3/2023)

Seperti yang diketahui, Galaxy S23 Ultra juga datang dengan empat kamera belakang. Tiga kamera lain adalah, kamera ultra-wide 12 MP, kamera telefoto 10 MP (3x zoom optik), dan kamera telefoto 10 MP (10x zoom optik).

Sebaliknya, jika pengguna perlu melakukan proses editing atau cropping terhadap gambar yang dipotret, kamera yang disarankan adalah kamera 200 MP.

Sebab, gambar yang dibidik umumnya mengalami penurunan resolusi ketika melewati proses editing. Verry menyebut di sinilah pentingnya fungsi kamera 200 MP.

Baca juga: Kata Dian Sastrowardoyo soal Kamera 200 MP Samsung Galaxy S23 Ultra

Kamera 200 MP pada Galaxy S23 Ultra disebut dapat mengurangi penurunan resolusi dari gambar yang di-edit secara signifikan. Bila pengguna memotret menggunakan kamera 200 MP dan melakukan editing, hasil gambarnya masih akan tetap jelas.

"Banyak yang mau mengedit. Suatu foto ketika kita edit, pasti akan turun resolusinya. Sehingga 200 MP ini akan sangat membantu," pungkas Verry.

Samsung Galaxy S23 UltraKOMPAS.com/Galuh Putri Riyanto Samsung Galaxy S23 Ultra

"Misalnya kita ambil (foto) dengan objek besar, kemudian saya (pengguna) ingin ambil untuk thumbnail, atau saya mau crop untuk dijadikan wallpaper saya. Nah, kami sarankan untuk menggunakan kamera 50 MP sampai 200 MP," lanjutnya.

Baca juga: Memotret Konser Raisa dengan Samsung Galaxy S23 Ultra

Seperti yang disebut di atas, kamera 200 MP bukanlah kamera default yang bisa langsung digunakan ketika membuka kamera. Untuk menghasilkan gambar yang maksimal, pengguna harus melakukan beberapa langkah singkat terlebih dulu.

Pengguna bisa membuka kamera. Lalu, di bagian atas, terdapat tulisan "3:4". Angka ini merupakan pengaturan rasio gambar yang diambil. Klik angka tersebut, lalu ubah ke "3:4 200 MP".

Perubahan aturan tersebut memungkinkan pengguna mengambil gambar dengan resolusi 200 MP.

Berdasarkan pengalaman KompasTekno, gambar yang diambil menggunakan kamera 200MP akan memakan lebih banyak storage, ketimbang kamera 12 MP. Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com