Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kreator Konten Tak Dapat Bonus Uang Lagi dari Instagram Reels

Kompas.com - 14/03/2023, 08:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Meta dilaporkan menghentikan "Reels Play", program yang memungkinkan kreator Reels di Instagram dan Facebook menerima bonus berupa uang. Awalnya, program ini akan diperluas secara global kepada influencer di berbagai negara.

Program Reels Play yang diluncurkan pada November 2021 ini memungkinkan influencer Reels. Program ini diuji coba di Amerika Serikat. Para kreator konten menerima bonus hingga paling tinggi 35.000 dollar AS atau sekitar Rp 502,6 juta dalam satu bulan.

Ketika itu, program Reels Play itu diluncurkan untuk menggaet lebih banyak kreator untuk membuat konten di Reels.

Tujuannya agar Reels bisa bersaing dengan TikTok. Meta menjanjikan 1 miliar dollar AS hingga tahun 2022 untuk membantu pembuat konten memonetisasi konten mereka di Facebook dan Instagram.

Baca juga: Pengguna Instagram di Indonesia Mulai Bisa Sawer Kreator Reels

Namun, setelah setahun lebih, program bonus untuk kreator Reels tersebut disetop.

Juru bicara Meta mengatakan perusahaan akan "berhenti memperpanjang kesepakatan Reels Play" untuk kreator di Instagram dan Facebook. Meta tak memberikan alasan di balik penyetopan program ini.

Penghentian program bonus tersebut tampaknya bakal berlaku segera. Menurut juru bicara, kreator konten yang mendaftar program Reels Play dalam 30 hari terakhir masih akan menerima bonus sebagaimana mestinya.

Setelah program bonus Reels Play disetop, kreator Instagram dan Facebook masih memiliki beberapa cara untuk memonetisasi konten mereka.

Pembuat konten dapat memperoleh uang dari iklan overlay yang ditampilkan di Facebook Reels, acara online berbayar, lencana, langganan, atau melalui video bersponsor, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmodo, Selasa (14/3/2023).

Baca juga: Durasi Facebook Reels Kini Diperpanjang Jadi 90 Detik

Fitur send a gift di Instagram Reels. Fitur memberi hadiah virtual berupa stiker ini bisa mendatangkan pundi-pundi uang untuk kreator, khususnya pembuat konten Reels.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Fitur send a gift di Instagram Reels. Fitur memberi hadiah virtual berupa stiker ini bisa mendatangkan pundi-pundi uang untuk kreator, khususnya pembuat konten Reels.
Khusus kreator Instagram, mereka bisa mendapatkan uang dari fitur baru gift Instagram. Fitur gift yang baru diperkenalkan pada November 2022 ini memungkinkan kreator Instagram Reels menerima saweran online dari penggemarnya.

Menurut Instagram di laman Help, setiap 1 bintang dari gift yang diterima dari fans, senilai dengan 0,01 dollar AS (sekitar Rp 154). Kreator Reels akan menerima pembayaran bila hadiah yang diterima telah mencapai minimal 25 dollar AS (setara Rp 386.000).

Sayangnya, menurut Instagram, saat ini, fitur gift masih terbatas hanya bisa dinikmati oleh kreator asal AS yang memenuhi syarat. Dengan kata lain, kreator asal Indonesia belum bisa mendapatkan saweran dari penggemarnya.

Namun, pengguna Instagram di Indonesia sudah mulai bisa mengirimkan hadiah virtual kepada kreator.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com