Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata OVT, Bahasa Gaul yang Sering Digunakan di Berbagai Medsos

Kompas.com - 15/03/2023, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Bahasa gaul di medsos (media sosial), seperti Twitter, TikTok, atau Instagram, tak terhitung lagi jumlahnya. Di antara beraneka macam bahasa gaul di medsos, salah satunya yang sering digunakan adalah kata atau istilah OVT.

Di berbagai medsos, kata OVT kerap digunakan untuk menggambarkan sebuah tindakan atau aktivitas tertentu. Salah satu contoh penggunaan kata tersebut di medsos bisa dilihat lewat twit dari akun dengan handle @abcdfuckyouuuu, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: Viral Video di WhatsApp yang Bisa Bikin HP Lag hingga Mati, Apa Sebabnya?

Pada twit tersebut, @abcdfuckyouuuu menyebut kata OVT untuk menjawab pertanyaan mengenai tindakan yang dilakukan sebelum tidur.

Sama halnya @abcdfuckyouuuu, salah satu twit dari akun base dengan handle @tanyakanrl juga memakai kata OVT buat menyebut suatu aktivitas tertentu, sebagaimana tertera di bawah ini.

Selain dua contoh di atas, masih bisa dijumpai banyak lagi pemakaian kata OVT di medsos untuk menyebut aktivitas tertentu. Meski mudah dijumpai, tetapi tahukah apa itu OVT yang sering dipakai di medsos?

Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut KompasTekno sajikan penjelasan arti OVT sebagai bahasa gaul yang sering digunakan di medsos.

Arti OVT yang sering digunakan di medsos

Kata OVT bukanlah termasuk kosakata dalam bahasa Indonesia. Istilah ini pada dasarnya merupakan kata dalam bahasa Inggris. Akan tetapi, OVT tidak akan bisa dicari artinya secara langsung dalam kamus bahasa Inggris.

Sebab, OVT merupakan akronim (singkatan) dari kata overthink atau overthinking. Dikutip dari kamus bahasa Inggris Merriam Webster, arti OVT yang merupakan singkatan dari overthink itu adalah terlalu memikirkan sesuatu.

Atau bisa juga, OVT artinya memikirkan sesuatu hal secara berlebihan dengan cara yang kadang bisa merugikan dan menghabiskan banyak waktu. Orang yang memikirkan sesuatu secara berlebihan dapat disebut juga dengan overthinker.

Dengan penjelasan di atas, bila terdapat kata OVT muncul atau dipakai di medsos oleh pengguna lain maka itu berarti mereka sedang ingin menyebut aktivitas memikirkan sesuatu hal secara secara berlebihan.

Baca juga: Viral, Ini Daftar Link Tes Karakter Kepribadian Ktestone, Ada Berbagai Tes Menarik

Kata yang berarti memikirkan sesuatu hal secara secara berlebihan itu di medsos kerap dipakai dengan nada kesal karena kebanyakan pengguna yang tak menyenangi aktivitas tersebut. Itulah arti OVT yang sering digunakan di berbagai medsos, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com