Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melihat Total Belanja di Shopee Terbaru dan Level Membernya

Kompas.com - 15/03/2023, 11:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Shopee merupakan salah salah marketplace yang sering menjadi pilihan pengguna berbelanja secara daring. Layaknya beragam aplikasi lain, riwayat pembelanjaan pengguna akan tercatat dalam periode tertentu.

Riwayat pembelian pengguna di Shopee itulah yang akan menunjukkan total transaksi belanja dari pengguna. Selain itu total belanja tersebut juga dapat menandakan level status member pelanggan. Shopee sendiri memiliki program Shopee Member yaitu Classic, Silver, Gold, dan Platinum.

Masing-masing kriteria level tersebut mengindikasikan total belanja pelanggan dan manfaat yang diperoleh mereka. Lantas bagaimana cara melihat total belanja di Shopee sekaligus level status membernya? Selengkapnya berikut ini langkah-langkahnya.

Baca juga: Shopee Indonesia Kembali Lakukan Pengurangan Karyawan untuk Efisiensi

Cara melihat total belanja di Shopee

cara melihat total transaksi shopee Kompas.com/soffyaranti cara melihat total transaksi shopee

  • Buka aplikasi Shopee Anda
  • Klik “Saya” di pojok kanan bawah
  • Gulir ke bawah dan temukan”Shopee Member”
  • Klik “Rincian”
  • Nantinya akan muncul total belanja di Shopee yang telah Anda selesaikan. Anda bisa melihat seluruh total transaksi belanja Anda selama enam bulan terakhir

Cara cek level member Shopee

cara melihat total transaksi shopee Kompas.com/soffyaranti cara melihat total transaksi shopee

Cara cek total belanja di Shopee juga dapat dilihat dari status level member pengguna. Misalnya saja pada contoh di atas mencatat bahwa pengguna saat ini menyandang status member Silver dengan keterangan empat transaksi atau Rp 465.000 lagi.

Hal ini mengartikan bahwa pengguna masih berada di level member Silver dan harus melakukan transaksi sejumlah total tersebut agar level tidak turun.

Keterangan tersebut juga secara tidak langsung menunjukkan total belanja pelanggan dalam kurun waktu enam bulan terahir. Sehingga status tersebut mengartikan bahwa pengguna memiliki total belanja kurang dari Rp 500.000. 

Apabila pengguna tidak melakukan pembelanjaan sejumlah minimal transaksi tertentu maka level member akan turun dan manfaat seperti voucher gratis ongkir juga berkurang. 

Kriteria level Shopee Member

Berikut ini beberapa kriteria level Shopee Member yang perlu diperhatikan: 

  • Classic: 0 pesanan atau Rp 0
  • Silver: 5 pesanan atau Rp 500.000
  • Gold: 35 pesanan atau Rp 3.000.000
  • Platinum:100 pesanan atau Rp 10.000.000

Baca juga: Telkomsel Rezeki Sakti, Beli Paket Internet Bonus Voucher Gopay, Shopee, dll

Perhitungan level Shopee Member

Dilansir dari laman syarat dan ketentuan Shopee, level Shopee Member dihitung selama enam bulan yang terbagi menjadi dua periode, yaitu Periode 1 (1 Januari - 30 Juni) dan Periode 2 (1 Juli - 31 Desember.

Level awal pada setiap periode ditentukan berdasarkan jumlah pesanan selesai selama 1 (satu) periode terakhir. Jika pada akhir periode pengguna tidak dapat memenuhi jumlah transaksi dan pesanan minimum dari level terakhir yang dimiliki, maka level pengguna akan turun sesuai jumlah transaksi dan pesanan selesai terakhir. 

Akumulasi jumlah transaksi dan pesanan selesai akan dihitung dari 0 (nol) setiap periode baru dimulai. Adapun per 1 Juli 2022, pesanan ShopeeFood termasuk dalam perhitungan progres Shopee Member.

Perlu diperhatikan bahwa transaksi yang tidak berlaku dalam perhitungan naik level untuk Shopee Member adalah transaksi pada kategori “Pulsa, Tagihan, & Paket Data” serta yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan di Shopee.

Demikian cara melihat total belanja di Shopee dan level member pelanggan. Semoga membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com