Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Istilah BIPOC yang Tengah Viral di Media Sosial

Kompas.com - Diperbarui 17/03/2023, 09:20 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

Sumber rd.com

KOMPAS.com - Beberapa hari terakhir ini, tengah viral di media sosial perbincangan seputar istilah BIPOC. Keramaian tersebut diketahui bermula dari seorang selebgram Gita Savitri yang mengunggah foto di Instagram.

Baca juga: Arti Kata OVT, Bahasa Gaul yang Sering Digunakan di Berbagai Medsos

Foto tersebut berisi poster dengan beberapa pesan yang salah satunya memuat istilah BIPOC. Unggahan tersebut lantas ramai diperbincangkan dan menyebar di media sosial lain seperti Twitter.

Salah satu contoh perbincangan istilah BIPOC yang terdapat pada poster selebgram tersebut bisa dilihat melalui twit dari akun base dengan handle @askrlfess, sebagaimana tertera di bawah ini.

Pada twit yang tertera di atas, pengirim mengaku baru mengetahui BIPOC sembari menyertakan foto Gita Savitri yang tengah menunjukan poster berisi istilah tersebut. Sebagian dari Anda mungkin juga sudah sempat melihat istilah ini nongol linimasa medsos.

Melihat keramain ini, lantas sebenarnya apa itu BIPOC? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai arti BIPOC yang viral di media sosial belakangan.

Baca juga: Arti Kata Atapu yang Tengah Viral Dipakai di Instagram, Twitter, dan TikTok

Arti BIPOC yang viral di media sosial

BIPOC bukanlah istilah tunggal. Secara harfiah, BIPOC artinya merupakan singkatan dari Black, Indigenous, dan People of Colour. Tiap istilah yang membentuk BIPOC merujuk pada identitas dari komunitas atau kelompok masyarakat tertentu.

Black merujuk pada orang-orang kulit hitam. Indigenous merujuk pada kelompok masyarakat asli atau masyarakat adat. Kemudian, People of Color merujuk pada semua kelompok masyarakat yang tidak berkulit putih seperti orang Asia.

Dengan merujuk pada makna tersebut, lantas istilah BIPOC digunakan untuk apa? Dikutip dari Reader’s Digest, BIPOC merupakan seperangkat pesan yang digunakan oleh gerakan anti-rasisme di Amerika Serikat.

Sebagai sebuah pesan anti-rasisme, BIPOC mulai populer digunakan sejak sekitar tiga tahun terakhir, terutama berkaitan dengan peristiwa pandemi COVID-19 dan kematian George Floyd (orang Afrika-Amerika) di tangan polisi pada 2020.

Peningkatan tindakan yang berkaitan dengan ras disinyalir menjadi penyebab istilah BIPOC menjadi kian populer.

BIPOC dipakai buat menyuarakan pengalaman atau cerita dari berbagai kelompok masyarakat secara lebih luas yang jadi target rasisme sistemik, rasisme terinstitusi, atau rasisme yang dikelola di Amerika Serikat.

Baca juga: Bukan Kosmetik, Ini Arti Kata Maskara atau “Mascara” yang Tengah Viral di TikTok

BIPOC juga dipakai sebagai bentuk pesan solidaritas antar kelompok masyarakat untuk melawan rasisme sistemik dengan supremasi kulit putih di Amerika Serikat. Demikianlah penjelasan seputar arti BIPOC yang viral di medsos belakangan, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber rd.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com