Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Rilis Fitur Baru untuk Pengguna yang Bosan dengan Video FYP

Kompas.com - 17/03/2023, 15:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - TikTok meluncurkan fitur baru agar pengguna bisa me-refresh alias menyegarkan rekomendasi video yang muncul di For You Page (FYP). Fitur baru ini bernama "Refresh Button".

Keberadaan fitur ini sebenarnya sudah dikonfirmasi pada Februari lalu. Saat itu, TikTok mengatakan tengah melakukan uji coba fitur refresh button tersebut.

Sekarang, menurut laporan The Verge, fitur refresh button TikTok akan dirilis secara global dan bertahap selama beberapa minggu mendatang.

Fungsinya sebenarnya sederhana, namun, akan berguna bagi pengguna TikTok yang merasa bosan dengan rekomendasi FYP-nya.

Selama ini, FYP menjadi tempat di mana pengguna menonton video-video yang direkomendasikan TikTok. Video-video yang muncul di halaman FYP berasal dari kebiasaan pengguna, waktu menonton, komentar, dan like pada topik video tertentu.

Baca juga: TikTok Wajib Penuhi Syarat Ini jika Tidak Mau Diblokir di AS

Misalnya, pengguna merupakan fans k-pop yang sering menonton, berkomentar, dan like video FYP tentang drama korea dan K-pop. Ini menjadi sinyal TikTok untuk memberikan rekomendasi konten sejenis.

Tak heran bila pengguna kadang dibanjiri dengan rekomendasi video yang sejenis. Hal ini bisa menjadi suatu masalah bagi pengguna, apalagi yang membanjiri FYP adalah video dengan topik berbahaya.

Fitur baru TikTok Refresh button untuk me-reset algoritma video FYP.TikTok Newsroom Fitur baru TikTok Refresh button untuk me-reset algoritma video FYP.

 

Investigasi tahun 2021 oleh The Wall Street Journal, misalnya, mengungkap bagaimana pengguna remaja dibanjiri video penurunan berat badan dan gangguan makan di TikTok. Rekomendasi video itu dikhawatirkan berdampak pada kesehatan si remaja.

Nah, di sinilah peran fitur baru TikTok. Refresh button. Bila sudah bosan atau muak dengan topik video tertentu yang muncul di FYP, pengguna bisa mengaktifkan refresh button.

Dengan begitu, algoritma FYP pengguna akan di-reset seolah menjadi seorang pengguna baru di TikTok. Itu artinya, rekomendasi video yang akan ditonton pengguna bakal acak alias random.

Selanjutnya, video rekomendasi yang muncul di FYP akan mengikuti minat pengguna seiring dengan kebiasaan baru pengguna dalam menonton, berkomentar, dan memberikan like pada video topik tertentu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (17/3/2023).

Baca juga: TikTok Diblokir di Banyak Negara, Ada Apa?

TikTok menegaskan bahwa semua postingan video pengguna di feed, profil, dan ibox pengguna tidak akan terpengaruh ketika pengguna melakukan reset algortima FYP.

Fitur ini bisa ditemukan di "Settings and privacy" > "Content preferences" > "Refresh your For You Feed". Selanjutnya, pengguna hanya perlu mengeklik "Continue" > "Refresh" untuk mereset algoritma video yang ditonton di FYP.

Pantauan KompasTekno, fitur refresh button yang baru ini belum tersedia di aplikasi TikTok versi 28.7.3 di ponsel Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com