Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kerja Komputer yang Perlu Diketahui, Ada 3 Tahap

Kompas.com - 18/03/2023, 16:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Komputer menjadi salah satu perangkat yang penting dan agaknya tak bisa dipisahkan dari berbagai aktivitas pengguna saat ini. Aktivitas seperti mengolah gambar, teks, audio, video, hingga bermain game, sekarang bisa dilakukan melalui komputer.

Dari waktu ke waktu, komputer terus mengalami pengembangan hingga bisa memfasilitasi berbagai aktivitas pengguna seperti itu. Untuk diketahui, meski teknologi pada komputer terus berkembang sedemikian rupa, tetapi perangkat ini punya cara kerja yang sama.

Baca juga: 4 Perbedaan Hub dan Switch dalam Jaringan Komputer yang Perlu Diketahui

Lantas, bagaimana komputer itu bisa bekerja? Sejak cikal bakal komputer ditemukan, perangkat ini bertugas untuk mengolah data lewat hitungan matematis. Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan cara kerja komputer.

Cara kerja komputer

Komputer secara umum bisa dipahami sebagai perangkat elektronik yang bertugas untuk mengolah informasi digital atau data dalam format bit (bilangan biner 1 dan 0).

Dalam menjalankan tugas pengolahan itu, cara kerja komputer terdiri dari tiga tahap, yaitu data, pemrosesan data, dan menghasilkan tindakan tertentu atau output (luaran). Penjelasan di tiap tahapnya bisa dilihat di bawah ini.

1. Input

Input merupakan tahap memasukkan data digital ke komputer sebelum nanti diproses. Jenis data yang bisa dimasukkan bermacam-macam, seperti data teks, data audio, data gambar, dan lainnya.

Semua jenis data digital yang berformat bit tersebut bisa masuk ke komputer melalui berbagai perangkat input, seperti keyboard, mouse, mikrofon, dan sebagainya.

Dalam contoh yang sederhana, proses input ini dapat digambarkan misalnya, ketika kita mengetik huruf “A” lewat keyboard pada komputer. Huruf “A” yang diketik itu merupakan sebuah data digital.

2. Pemrosesan (processing)

Setelah data dimasukkan, tahap selanjutnya adalah pemrosesan (processing). Data yang telah dimasukan tadi bakal diproses melalui perangkat pemrosesan CPU (Central Processing Unit) pada komputer.

Baca juga: 6 Macam Perangkat Keras untuk Mengakses Internet di Komputer

Dikutip dari Make Use Of, perangkat tersebut berfungsi untuk mengeksekusi perintah dan menjalankan penghitungan matematis atas data digital yang dimasukkan. Lantaran punya fungsi seperti itu, perangkat ini biasa disebut juga dengan “otak” dari komputer.

3. Output

Setelah data diolah dan dihitung oleh perangkat pemrosesan, proses berikutnya adalah menghasilkan tindakan tertentu atau output. Dalam proses atau tahap ini, hasil pengolahan data bakal bakal ditransmisikan menjadi sebuah tindakan tertentu.

Tindakan itu ditampilkan melalui berbagai perangkat output, seperti monitor, speaker, printer, dan lainnya. Jadi, jika pada proses sebelumnya memproses data huruf “A” maka huruf tersebut bakal ditampilkan di monitor dengan rupa sebagaimana yang diminta.

Selain tiga tahap tersebut, sejatinya terdapat pula satu tahap lagi, yakni penyimpanan. Tahap penyimpanan pada komputer bisa terjadi sebelum tahap pemrosesan dan setelah tahap menghasilkan tindakan.

Sebelum tahap pemrosesan, data yang dimasukkan bisa tersimpan sementera di memori RAM (Random Access Memory). Penyimpanan sementara pada RAM berfungsi membantu CPU untuk mengolah data lebih banyak.

Sementara itu, setelah tahap output, terdapat tahap penyimpanan tindakan yang dihasilkan ke komputer secara permanen pada perangkat Hard Drive. Contohnya, bila menghasilkan teks maka data tersebut bakal tersimpan di Hard Drive.

Adapun tujuan dari penyimpanan di Hard Drive adalah agar data dapat dimuat sewaktu-waktu tanpa harus dimasukkan dari awal lagi.

Perlu diketahui, tahap-tahap di atas pada dasarnya tidak berjalan dalam waktu yang lama. Di komputer kebanyakan saat ini, tahap input hingga output dengan berbagai jenis data bisa berjalan hanya dalam hitungan detik.

Baca juga: Tujuan, Fungsi, dan Manfaat Jaringan Komputer yang Perlu Diketahui

Demikianlah penjelasan seputar cara kerja komputer yang secara garis besar terdiri dari tiga tahap meliputi input, pemrosesan, dan output, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com