Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti "IDGAF Attitude" yang Ramai di TikTok

Kompas.com - 20/03/2023, 07:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Bahasa gaul di medsos (media sosial) seperti TikTok tak terhitung lagi jumlahnya. Salah satu bahasa gaul di TikTok yang tampaknya tengah ramai digunakan beberapa waktu terakhir ini adalah istilah IDGAF attitude.

Sebagian dari Anda mungkin juga sudah sempat melihat penggunaan istilah tersebut muncul di halaman linimasa TikTok. Istilah IDGAF attitude di TikTok umum digunakan untuk merujuk sesuatu sifat.

Baca juga: Arti Istilah BIPOC yang Tengah Viral di Media Sosial

Sebagai contoh, penggunaan IDGAF attitude yang merujuk suatu sifat tertentu bisa dilihat lewat salah satu unggahan video dari akun TiTok dengan handle @znf_08 yang tertera di bawah ini.

@znf_08 Congrast???? #idgafattitude #belajarbodoamat ? SOUND JJ KANE V8 - DJ Ary Rimex [EG]

Dalam cuplikan video TikTok di atas, tertera beberapa pernyataan apabila seseorang melakukan beberapa tindakan tertentu bakal memperoleh sesuatu sifat yang dinamakan dengan IDGAF attitude.

Contoh lain penggunaan istilah IDGAF attitude di TikTok untuk merujuk suatu sifat juga bisa dilihat melalui salah satu unggahan video dari akun dengan handle @peeng.d, sebagaimana tertera di bawah ini.

@peeng.d #idgaf #attitude ? original sound - Be On Your Feelings

Selain dua contoh di atas, masih bisa dijumpai banyak lagi video TikTok yang memuat istilah IDGAF attitude untuk merujuk suatu sifat. Melihat keramaian penggunaan istilah ini, lantas IDGAF attitude artinya apa?

Bila tertarik untuk mengetahui lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai arti IDGAF attitude yang tengah ramai dipakai akhir-akhir ini di TikTok.

Arti IDGAF attitude yang ramai di TikTok

IDGAF attitude merupakan sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang terdiri dari dua kata, tetapi memiliki makna tunggal. Dikutip dari Urban Dictionary, IDGAF merupakan singkatan dari kalimat “I don’t give a f”.

Dari kalimat tersebut, IDGAF artinya sama seperti ungkapan “aku tidak peduli” atau “masa bodoh”. Istilah IDGAF dengan arti seperti itu biasanya dilontarkan saat seseorang mendapatkan perlakuan yang mengganggu atau perkataan yang dirasanya tidak penting.

Sementara itu, kata attitude sendiri dalam bahasa Indonesia bisa berarti “sikap”. Dalam satu kesatuan makna, arti IDGAF attitude adalah sikap masa bodoh, sikap tak acuh, atau sikap tidak peduli.

Dengan makna yang demikian, tak heran jika banyak pengguna di TikTok yang memakai istilah ini untuk merujuk suatu sifat.

Baca juga: Apa Itu Istilah Late Capitalism yang Viral di Twitter?

Jadi, apabila menjumpai istilah ini muncul di TikTok maka IDGAF attitude dimaksudkan untuk merujuk suatu sifat yaitu sikap masa bodoh atau sikap tak acuh. Demikianlah penjelasan arti IDGAF attitude yang lagi ramai di TikTok, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com