Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Game Ringan untuk PC Spesifikasi Rendah

Kompas.com - 26/03/2023, 08:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber PCGamer

KOMPAS.com - Bermain game merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu yang kosong.

Ada banyak sekali game dengan genre dan platform yang berbeda. Salah satunya dapat dimainkan di komputer atau PC.

Berbeda dengan konsol yang sudah memiliki spesifikasi pasti, PC atau komputer umumnya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

Sehingga, tidak semua komputer mumpuni untuk menjalankan game PC. Alhasil, pengguna PC dengan spesifikasi yang rendah hanya bisa memainkan game yang ringan.

Nah, berikut ini adalah 5 game ringan yang dapat dimainkan di komputer dengan spesifikasi "kentang" atau rendah. Berikut daftarnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PCGamer, Minggu (26/3/2023).

Baca juga: Valve Umumkan Counter-Strike 2, Tampilan Game Lebih Realistis

1. Stardew Valley

ilustrasi Stardew ValleyConcernedApe ilustrasi Stardew Valley
Stardew Valley adalah game simulasi bercocok tanam yang terinspirasi dari seri Harvest Moon. Game garapan Eric Barone (ConcernedApe) ini menawarkan gameplay bercocok tanam, beternak, memancing ikan, menambang, dan bersosialisasi dengan warga.

Tak hanya menjalani kehidupan sebagai petani, pemain juga didorong untuk menjelajahi gua misterius yang penuh dengan monster. Pemain harus menggunakan senjatanya, seperti pedang dan ketapel untuk melawan monster jika ingin mendapatkan loot yang lebih bagus.

Game ini memungkinkan pemain untuk memilih sendiri jalan hidupnya. Pemain bisa meningkatkan level kemampuan Farming, Mining, Foraging, Fishing, dan Combat kemudian memilih profesi yang akan dijalani, mulai dari penggembala hingga ahli geologi.

Tentunya setiap profesi memiliki kelebihannya sendiri, contohnya penggembala yang memungkinkan perolehan wol domba yang lebih cepat, atau ahli geologi yang meningkatkan peluang munculnya permata (gems) secara berpasangan.

Pemain dapat mengajak tiga teman lainnya untuk bermain game ini. Nantinya, setiap pemain bisa melakukan kustomisasi karakter sesuka hati agar tampil beda dari pemain lainnya.

Keempat pemain ini kemudian ditempatkan di rumah yang berbeda tetapi dalam satu peternakan. Jika ingin benar-benar hidup mandiri, pemain dapat mengatur agar keempat karakter itu memiliki dompetnya sendiri, sehingga urusan perekonomian menjadi tanggung jawab pribadi.

Game yang dikemas dengan grafik piksel (pixel art) ini tidak membutuhkan spesifikasi yang berat.

Pemain cukup menyiapkan perangkat yang menjalankan sistem operasi (OS) Windows Vista atau lebih baik, prosesor (CPU) berkecepatan 2 GHz, unit pengolah grafis (GPU) dengan memori 256 MB, RAM 2 GB, dan media penyimpanan (storage) 500 MB. Stardew Valley dapat dibeli di toko Steam dengan harga Rp 115.999.

2. Among Us

ilustrasi Among UsInnersloth ilustrasi Among Us

Among Us mungkin bukan merupakan game yang asing lagi di telinga. Among Us sendiri sudah diunduh sebanyak lebih dari 500 juta kali di platform mobile, yakni iOS dan Android.

Game yang digarap Innersloth ini juga tersedia di platform PC, meskipun pemain harus merogoh kocek sebanyak Rp 39.999 untuk membelinya di Steam.

Halaman:
Sumber PCGamer
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com