Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Reno8 T 5G Punya Kamera 108 MP, Bagaimana Kemampuannya?

Kompas.com - 28/03/2023, 12:02 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Reno8 T 5G merupakan ponsel terbaru Oppo di Indonesia yang hadir dengan sejumlah fitur unggulan, terutama di aspek fotografi.

Secara spesifikasi, ponsel ini dibekali dengan kamera utama yang dijuluki Kamera Portrait 108 MP. Kamera dengan bukaan lensa f/1.7 ini diklaim dapat menghasilkan foto jernih di berbagai kondisi dengan detail yang tajam.

Nah, salah satu fitur utama yang ada di kamera ini adalah High-res Mode. Dengan fitur ini, pengguna bisa menghasilkan sebuah foto high definition (HD) yang memiliki resolusi asli 108 MP, alias tanpa mengandalkan metode penggabungan piksel.

Dengan begitu, pengguna bisa melakukan teknik pemotongan (crop) pada hasil gambar untuk fokus kepada aneka obyek atau elemen kecil di dalam foto tersebut.

Baca juga: Ini Hasil Foto Kamera Utama Oppo Reno8 T 4G dan Reno8 T 5G dengan Mode High-Res

Pada hasil foto kamera utama 108 MP di gambar di bawah (sebelah kiri) ini, misalnya, detail jam yang ada di dinding istana, begitu juga logo istana, kurang bisa dilihat dengan baik. 

Namun pada hasil crop hasil foto 108 MP yang berada di di sebelah kanan, detail-detail yang tidak terlihat di gambar sebelah kiri, seperti jam dan logo istana tadi, ternyata bisa diamati dengan cukup jelas dengan detail yang tajam.

Hasil foto kamera 108 MP mode High-Res di Oppo Reno8 T 5G ketika memotret obyek wisata Istana Anak-anak di TMII, Jakarta Timur, Kamis (26/1/2023). Bisa dilihat, gambar obyek jam istana di sebelah kanan yang diperbesar, atau di-crop 100 persen dari gambar asli di sebelah kiri, tampil dengan detail yang cukup tajam. Padahal di gambar di sebelah kiri, obyek tersebut tidak begitu terlihat dengan jelas.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera 108 MP mode High-Res di Oppo Reno8 T 5G ketika memotret obyek wisata Istana Anak-anak di TMII, Jakarta Timur, Kamis (26/1/2023). Bisa dilihat, gambar obyek jam istana di sebelah kanan yang diperbesar, atau di-crop 100 persen dari gambar asli di sebelah kiri, tampil dengan detail yang cukup tajam. Padahal di gambar di sebelah kiri, obyek tersebut tidak begitu terlihat dengan jelas.

Fitur kamera lain di Oppo Reno8 T 5G

Selain High-res Mode, Kamera Portrait 108 MP Oppo Reno8 T 5G juga mendukung fitur AI Portrait Super Resolution. Fitur ini diklaim dapat menghasilkan foto efek buram (bokeh) di kondisi malam hari dengan bagus.

Kemudian, ada fitur Bokeh Flare Portrait untuk mempercantik efek pencahayaan di foto portrait, AI Colour Portrait untuk mengubah tone warna foto wajah, hingga AI Portrait Retouching untuk memoles elemen-elemen wajah agar lebih ideal.

Ada pula Selfie HDR untuk mengoptimalkan pencahayaan ketika berswafoto, Flash Snapshot untuk mempertajam hasil foto dengan mengambil banyak gambar dengan cepat, serta Night Mode untuk meningkatkan pencahayaan foto di kondisi malam hari.

Untuk perekaman video, Oppo Reno8 T 5G juga mendukung fitur Slow-Mo, Time-Lapse, Dual-View Video, penstabil gambar elektrik (EIS), dan masih banyak lagi.

Baca juga: Oppo Reno8 T 5G Punya Fitur Pixelate di Galeri Ponsel, Apa Fungsinya?

Adapun resolusi video tertinggi yang bisa direkam ponsel ini mentok di 1080p dengan frame rate 30 FPS.

Untuk konfigurasi lainnya, kamera utama Reno8 T 5G tadi turut ditemani oleh dua kamera belakang yang terdiri dari kamera depth sensor 2 MP (f/2.4), serta kamera microlens 2 MP (f/3.3) yang bisa memotret obyek yang sangat kecil dengan pembesaran 40x.

Kemudian, ada kamera selfie dengan resolusi 32 MP (f/2.4) yang dimuat di lubang kamera punch hole yang terletak di tengah atas layar Oppo Reno8 T 5G.

Nah, pengguna yang ingin menjajal aneka ragam fitur fotografi Oppo Reno8 T 5G bisa langsung membeli ponsel ini di berbagai toko resmi Oppo dengan harga Rp 6 juta untuk varian 8 GB/128 GB atau Rp 6,5 juta untuk varian 8 GB/256 GB.

Apabila ingin menyimak spesifikasi lengkapnya, bisa melihat artikel "Tabel Spesifikasi dan Harga Oppo Reno8 T 5G di Indonesia".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com